Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, dan Contoh Seni Rupa Murni

Pengertian seni rupa murni - Kembali lagi bersama saya di blog Pintar Sekolah. Sebelumnya, blog Pintar Sekolah mengucapkan.
Selamat tahun baru 2018!

Bagaimana liburan kamu kemarin? Apakah menyenangkan dan cukup puas? Atau malah kurang panjang?. Dan tidak terasa besok pada tanggal 02 Januari 2018 kita akan mulai masuk sekolah lagi dan akan memulai kegiatan belajar mengajar. Tentunya dengan materi dan semangat belajar yang baru.

Apakah kamu sudah mempersiapkan segala hal untuk kembali bersekolah? Dan tentu saja jangan lupa untuk kembali belajar ya!

Seni Rupa Murni Pintar Sekolah

Untuk mengawali tahun dan ajaran yang baru, pada artikel kali ini blog Pintar Sekolah akan menjelaskan tentang seni rupa murni, melanjutkan artikel terakhir dari mata pelajaran seni budaya sebelumnya, yaitu jenis-jenis seni rupa.
Baca Juga
Seperti biasanya, blog Pintar Sekolah akan membahas materi seni rupa murni dengan lengkap sampai tuntas. Materinya mulai dari pengertian seni rupa murni, fungsi, hingga contohnya. Langsung saja, berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Seni Rupa Murni


Sebenarnya materi seni rupa murni saya rasa sudah pernah dipelajari sejak SMP dulu, namun pada jenjang SMA materi inipun tetap dibahas. Mungkin karena materi ini juga menjadi salah satu materi dasar yang paling penting dalam mata pelajaran seni budaya. Lalu, apakah kamu sudah mengetahui pengertian seni rupa murni? Berikut penjelasan singkatnya.

Seni rupa murni adalah salah satu cabang karya seni rupa yang pembuatannya hanya ditujukan untuk dinikmati keindahannya saja atau untuk pemuasan jiwa.

Jadi, seni rupa murni dibuat dengan hanya mementingkan nilai estetisnya saja tanpa mengutamakan nilai-nilai praktis lainnya. Dan biasanya dibuat dengan nilai estetika atau nilai keindahan yang sangat tinggi.

Cukup jelas dan singkat bukan pengertiannya? Saya rasa kamu bisa dengan mudah memahaminya.

Fungsi Seni Rupa Murni


Mari kita lihat pengertiannya lagi diatas. Jika kita mengacu pada pengertiannya, maka sudah jelas bahwa seni rupa murni dibuat hanya untuk dinikmati saja dan sebagai pemuas ekspresi jiwa.

Jadi, fungsi seni rupa murni adalah untuk dinikmati keindahannya dan hanya sebagai penghias, pengindah atau pajangan saja. Seni rupa murni tidak memiliki fungsi lain seperti seni rupa terapan yang bisa membantu pekerjaan sehari-hari manusia.

Contoh Seni Rupa Murni


Dan materi terakhir pada artikel kali ini adalah contoh seni rupa murni itu sendiri. Ada beberapa contoh seni rupa murni, dan salah satu yang paling dikenal adalah lukisan. Penasaran dengan contoh lainnya? Silahkan simak dibawah ini.

1. Lukisan


Contoh Karya Seni Rupa Murni
Contoh Karya Seni Rupa Murni Lukisan

Contoh seni rupa murni yang pertama adalah lukisan. Lukisan adalah salah satu karya seni yang dibuat dengan menggunakan cat dan kuas, serta canvas sebagai media lukisanbya. Lukisan yang dibuat oleh para pelukis terkenal biasanya dihargai sangat mahal, bahkan hingga ratusan juta. Karena biasanya ada sebuah ekspresi kejiwaan yang disampaikan oleh pelukis melalui lukisannya dan hanya bisa dinikmati dengan penghayatan yang luar biasa. Lukisan termasuk ke dalam karya seni rupa murni karena fungsinya hanya sebagai hiasan atau pajangan saja.

2. Patung


Contoh Karya Seni Rupa Murni
Contoh Karya Seni Rupa Murni Patung

Selanjutnya ada patung. Patung juga merupakan salah satu wujud ekspresi manusia yang dituangkan melalui sebuah karya seni. Patung juga merupakan salah satu wujud karya seni rupa murni 3 dimensi. Biasanya, patung yang dibuat bisa berupa manusia, hewan dan lain sebagainya. Dan kamu bisa dengan mudah menemukan contoh patung-patung indah di Indonesia, seperti di candi Borobudur.

3. Relief


Contoh Karya Seni Rupa Murni
Contoh Karya Seni Rupa Murni Relief

Masih banyak yang belum tahu tentang relief. Relief adalah karya seni 3 dimensi yang dibuat diatas bidang 2 dimensi. Memang sedikit susah jika menjelaskan relief tanpa melihat langsung contohnya. Relief biasanya terdapat pada dinding-dinding candi dan memiliki nilai sejarah yang sangat kuat.

4. Seni Grafis


Contoh Karya Seni Rupa Murni
Contoh Karya Seni Rupa Murni Seni Grafis

Seni grafis sebenarnya juga termasuk ke dalam contoh karya seni rupa terapan, tergantung tujuan dan fungsinya. Jika hanya sebagai hiasan saja maka seni grafis tersebut masuk ke dalam seni rupa murni.

5. Seni Fotografi


Contoh Karya Seni Rupa Murni
Contoh Karya Seni Rupa Murni Seni Fotografi

Jangan salah, seni fotografi yang sedang marak digandrungi remaja Indonesia juga termasuk ke dalam salah satu contoh karya seni rupa murni, lho!. Sebuah foto yang diambil menggunakan kamera dengan sentuhan seni maka bisa menghasilkan seni fotografi yang indah.

6. Mozaik


Contoh Karya Seni Rupa Murni
Contoh Karya Seni Rupa Murni Mozaik

Mozaik adalah sebuah seni yang merangkai beberapa potongan batu kecil, pecahan kaca atau keramik sedemikian rupa dan disusun sehingga menghasilkan sebuah karya seni baru yang indah. Alasan mozaik masuk ke dalam contoh karya seni rupa murni adalah jika mozaik tersebut hanya dijadikan pajangan saja.

7. Kaligrafi


Contoh Karya Seni Rupa Murni
Contoh Karya Seni Rupa Murni Kaligrafi

Kaligrafi merupakan salah satu contoh karya seni rupa murni 2 dimensi yang bisa dengan mudah ditemukan di masjid dan rumah orang Islam. Biasanya, kaligrafi dipajang didinding.

8. Ukiran


Contoh Karya Seni Rupa Murni
Contoh Karya Seni Rupa Murni Ukiran

Ukiran adalah seni memahat atau mengukir pada batu atau kayu untuk membuat karya seni yang indah. Biasanya, karya seni ukir membentuk makhluk hidup, bunga atau kehidupan. Seni ukir juga bisa disimpan di rumah atau di area kantor untuk menambah nilai estetika.

9. Kerajinan Dari Keramik


Contoh Karya Seni Rupa Murni
Contoh Karya Seni Rupa Murni Kerajinan Dari Keramik

Kerajinan seni dari keramik ini meliputi guci, vas bunga dan semacamnya. Kerajinan seni dari keramik tentu saja menggunakan keramik sebagai media dasarnya. Biasanya diukir dengan menggunakan warna-warna yang indah.

10. Topeng


Contoh Karya Seni Rupa Murni
Contoh Karya Seni Rupa Murni Topeng

Dan contoh karya seni rupa murni yang terakhir adalah topeng. Di Indonesia sendiri topeng sudah sangat banyak dan mudah sekali ditemukan, apalagi jika pada saat ada sebuah pertunjukkan seni. Topeng biasa dibuat dari plastik, kain, kayu atau logam.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai materi seni rupa murni, mulai dari pengertian, fungsi hingga contohnya.

Nantikan artikel menarik lainnya tentang Seni Budaya hanya di blog Pintar Sekolah. Mohon dikoreksi jika ada yang salah dan jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu.

Seorang siswa dari XI RPL 1 dan bersekolah di SMKN 1 Karawang. Hobi menulis dan sangat menggemari dunia web development, internet dan desain.

Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain
EmoticonEmoticon