10 Contoh Seni Rupa Terapan Beserta Penjelasannya

Contoh seni rupa terapan - Kemarin kita sudah mempelajari materi seni budaya tentang pengertian seni rupa terapan , sejarah, fungsi dan beberapa contohnya. Maka sesuai janji saya pada artikel kemarin tersebut, pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa contoh seni rupa terapan.

10 Contoh Seni Rupa Terapan Beserta Penjelasannya Pintar Sekolah

Sebenarnya, cukup mudah untuk menemukan contoh karya seni rupa terapan karena biasanya kita sering menjumpainya dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja, karena kita terlalu mengabaikannya, kita jadi tidak menyadari keberadaannya.
Baca Juga
Namun, tenang saja. Berikut dibawah ini blog Pintar Sekolah berikan 10 contoh seni rupa terapan beserta penjelasannya mengapa karya-karya tersebut bisa dikategorikan sebagai contoh seni rupa terapan.

Langsung saja, silahkan disimak dan dipahami ya.

Contoh Seni Rupa Terapan Beserta Penjelasannya


1. Batik


Pada urutan pertama ada karya seni rupa batik. Batik adalah sebuah jenis kain bergambar yang digambar dengan rangkaian proses unik dan tertentu. Tentu saja bukan hal yang mudah untuk menggambar diatas sebuah kain dengan beragam macam corak yang rumit. Karena kerumitannya ini lah batik mengandung nilai seni yang sangat tinggi.

Selain itu, batik juga sudah menjadi budaya Indonesia sejak dulu. Batik juga sudah menjadi Masterpieces of the Oral and Intaghible Heritage of Humanity oleh UNESCO sejak tanggal 02 Oktober 2009 yang lalu. Umumnya, kita biasa menemukan batik diaplikasikan pada pakaian. Tapi, kita juga bisa menemukan pengaplikasian batik pada hal lain layaknya dinding, wallpaper dan sebagainya.

2. Poster


Mungkin masih belum banyak orang yang tahu bahwa poster juga termasuk ke dalam seni rupa terapan. Hal ini dikarenakan poster sebagai salah satu wujud seni desain grafis, poster juga memberikan fungsi atau nilai praktis karena informasi yang terkandung didalamnya.

Tidak peduli poster yang dibuat dengan cara digital maupun manual, sebuah poster tetap menjadi salah satu karya seni rupa terapan. Jadi, jangan salah menilai ya bahwa poster bukan termasuk ke dalam karya seni rupa terapan.

3. Anyaman


Anyaman adalah sebuah karya seni rupa terapan yang dibuat menggunakan serat yang dianyam. Biasanya, bahan yang digunakan berasal dari tumbuh-tumbuhan. Namun, seiring perkembangan teknologi anyaman juga ada yang bisa dibuat menggunakan bahan serat plastik.

Anyaman bisa dibuat untuk dijadikan sebagai keranjang, perabotan atau tikar.

4. Pakaian


Siapa sangka bahwa pakaian yang menjadi salah satu kebutuhan primer bagi manusia juga termasuk ke dalam salah satu dari 10 contoh karya seni rupa terapan?. Tentu saja hal ini tidak lepas dari proses pembuatan pakaian tersebut, dari mulai cara pembuatan dan desainnya hingga nyaman dipakai oleh konsumen.

Karya seni dalam pembuatan pakaian mungkin lebih dikenal dengan istilah fashion design. Indonesia sendiri sudah mempunyai beragam macam jenis dan motif pakaian yang mengandung nilai seni yang sangat indah.

5. Kerajinan Kulit


Kerajinan kulit sudah jelas termasuk ke dalam kategori seni rupa terapan. Untuk contohnya bisa ditemukan dengan mudah sekali, bentuknya bisa berupa jaket, dompet, sepatu, tas, wayang dan lain-lain.

Bahan kulit yang biasa digunakan adalah kulit yang sudah disamak, kulit mentah atau bahkan kulit sintetis. Dan biasanya kulit yang digunakan adalah kulit yang berasal dari hewan repti seperti buaya, ular atau ada juga yang dari hewan lain sejenis sapi dan kambing. Setidaknya ada beberapa proses dalam pembuatan kerajinan kulit ini, berikut diantaranya.

  1. Pemotongan
  2. Penipisan Bagian Tepi
  3. Pelempitan
  4. Perekatan
  5. Penjahitan
  6. Pres
  7. Pengemasan

6. Senjata Tradisional


Indonesia mempunyai banyak sekali macam suku dan biasanya masing-masing suku mempunyai senjata tradisional. Kamu tahu keris? tombak? atau mungkin bambu runcing?. Selain digunakan untuk berburu, senjata tradisional-senjata tradisional tersebut juga memiliki nilai seni yang sangat tinggi jika dilihat dari segi desain dan detailnya.

7. Peralatan Makan


Seperti yang sudah saya katakan pada awal artikel bahwa sebenarnya contoh karya seni rupa terapan itu sangat mudah untuk ditemukan, hanya saja kita nya yang belum menyadari keberadaannya. Contohnya adalah peralatan makan. Umumnya, tentu saja setiap hari kita menggunakannya. Tanpa disadari, peralatan makan juga merupakan salah satu contoh seni rupa terapan. Mengapa bisa begitu? karena bisa dilihat dari desain, corak hingga aksen yang diberikan.

8. Peralatan Dapur


Tidak hanya peralatan makan, ada juga peralatan dapur seperti wajan dan kawan-kawannya. Umumnya, peralatan dapur dibuat menggunakan bahan dasar aluminium atau logam yang dibuat sedemikian rupa.

Nilai seni yang terkandung didalamnya bisa dilihat dari bentuknya yang sudah disesuaikan dengan kemudahan dan kenyamanan penggunanya.

9. Peralatan Rumah


Dan tak lupa peralatan rumah. Perabotan rumah seperti meja, kursi, dll tentu saja tidak dibuat dengan corak, ukuran, atau motif yang sembarangan. Selain harus menyesuaikan dengan kenyamanan penggunanya, para pengrajin juga selalu memberikan sentuhan terbaiknya dalam mendesain perabotan rumah.

10. Alat Transportasi


Dan contoh seni rupa terapan yang terakhir adalah alat transportasi. Diera modern dan era globalisasi seperti sekrang ini, alat transportasi sudah banyak berkembang. Selain semakin menggunakan teknologi yang canggih, beberapa alat transportasi sekarang juga sudah memiliki nilai seni. Jadi, alat transportasi juga masuk ke dalam salah satu contoh seni rupa terapan.

Itulah 10 contoh seni rupa terapan beserta penjelasannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang mempelajari materi seni rupa.

Nantikan artikel menarik lainnya tentang Seni Budaya hanya di blog Pintar Sekolah. Mohon dikoreksi jika ada yang salah dan jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu.

Seorang siswa dari XI RPL 1 dan bersekolah di SMKN 1 Karawang. Hobi menulis dan sangat menggemari dunia web development, internet dan desain.

Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain
EmoticonEmoticon