Contoh Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Contoh seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi - Kembali bertemu di blog Pintar Sekolah. Pada artikel kali ini, saya akan melanjutkan materi seni rupa dari mata pelajaran seni budaya. Setelah sebelumnya kita mempelajari mengenai seni rupa murni dan seni rupa terapan, sekarang saya akan memberitahu kamu beberapa contoh seni rupa 2 dimensi dan contoh seni rupa 3 dimensi.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi Pintar Sekolah


Seperti yang kita ketahui, bahwa seni rupa jika dibagi berdasarkan wujudnya, maka ada seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Sebenarnya, masih ada banyak jenis seni rupa lainnya yang dibagi berdasarkan wujudnya, namun yang paling umum adalah kedua seni rupa tersebut.

Seni rupa 2 dimensi atau dwimatra adalah sebuah karya seni rupa yang hanya memiliki 2 unsur, yaitu panjang dan lebar saja. Seni rupa 2 dimensi tidak memiliki unsur tinggi atau yang biasa dibilang tidak memiliki volume dan tidak menempati sebuah ruang.

Sementara seni rupa 3 dimensi merupakan sebuah karya seni rupa yang memiliki 3 unsur atau sisi, yaitu panjang, lebar dan tinggi.

Dengan hanya melihat dari namanya saja, saya rasa kamu dengan mudah sudah tahu perbedaannya. Baiklah, mari kita masuk ke inti artikel kali ini.

Teknik Membuat Seni Rupa 2 Dimensi


Sebelum saya memberikan beberapa contoh seni rupa 2 dan 3 dimensi, saya akan menjelaskan terlebih dahulu teknik-teknik membuat karya seni rupa 2 dimensi. Dan berikut beberapa teknik yang bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah karya seni rupa 2 dimensi.
Baca Juga

Teknik Plakat


Teknik yang pertama adalah teknik plakat. Teknik plakat adalah teknik menggambar atau melukis dengan menggunakan cat minyak, cat poster, cat akrelik. Dalam teknik ini, goresan yang digambar haruslah tebal agar bisa menghasilkan efek yang pekat dan padat.

Teknik Transparan


Selanjutnya ada teknik transparan. Teknik transparan bisa dibilang kebalikan dari teknik plakat. Karena, teknik transparan adalah teknik melukis dengan menggunakan cat air yang sapuan warnanya tipis sehingga terkesan transparan.

Teknik Kolase


Teknik kolase adalah teknik menggambar atau melukis dengan cara memotong kertas, lalu menempel-nempelkannya sehingga menghasilkan bentuk yang realistis maupun abstrak.

Teknik 3M


Dan teknik terakhir dari teknik seni rupa 2 dimensi pada artikel kali ini adalah teknik 3M. Teknik 3M merupakan sebuah teknik yang melipat, menggunting dan merekat yang artinya teknik memanipulasi kertas sehingga bisa menjadi sebuah bentuk.

Teknik Membuat Seni Rupa 3 Dimensi


Selanjutnya, mari kita bahas teknik membuat seni rupa 3 dimensi juga. Tentu saja, teknik membuat seni rupa 3 dimensi berbeda dengan teknik membuat seni rupa 2 dimensi. Dan berikut beberapa contoh tekniknya.

Teknik Cor


Teknik cor merupakan teknik tuang menuang bahan cari pada sebuah acuan yang sudah dibentuk sehingga menjadi sebuah cetakan. Ketika sudah kering dan keras, maka bahan cari tersebut dikeluarkan dari cetakannya. Sementara bahan cair yang dimaksud biasanya dibuat dari semen, plastik, karet, gips, dan logam (tembaga, besi).

Teknik Butsir


Teknik butsir adalah teknik sederhana yang mana hanya menggunakan tangan dan beberapa alat sederhana lainnya yang misalnya terbuat dari kayu. Dan bahan yang digunakan juga biasanya lunak, seperti tanah liat atau plastisin.

Teknik Pahat


Teknik pahat adalah teknik yang membuang bagian dari media yang tidak diperlukan dengan cara memahatnya, sehingga bisa terbentu sebuah bentuk. Alat yang digunakan tentu saja alat memahat, seperti tatah, ukir atau martil. Dan biasanya, media yang digunakan adalah media yang bersifat keras, seperti kayu, batu, gips, tanah liat kering dan semacamnya.

Teknik Mozaik


Teknik mozaik merupakan teknik menyusun beberapa benda 3 dimensi sehingga bisa membentuk sebuah lukisan.

Teknik Anyam


Teknik anyam adalah teknik menganyam sebuah bahan dengan cara mengangkat, lalu menumpang tindihkannya. Tak jarang juga dengan cara menyilang-nyilangkannya. Sehingga bisa menghasilkan sebuah karya anyaman.

Teknik Aplikasi


Teknik aplikasi adalah sebuah teknik membuat karya hias dengan cara jahit-menjahit beberapa hasil potongan kain yang sudah dibentuk sedemikian rupa seperti bunga, binatang, atau bentuk lainnya pada kain lain sebagai hiasan.

Teknik Merakit


Teknik merakit adalah teknik menyambung-nyambungkan beberapa potogngan atau sebagian sebuah bahan. Untuk caranya sendiri ada bermacam-macam, bisa dengan dilas, dipatri, disekrup atau dengan menggunakan cara yang lainnya.

Teknik Makrame


Teknik makrame adalah teknik yang membentuk sebuah karya kerajinan seni dengan cara simpul menyimpul pada rantaian benang awal dan akhir pada sebuah hasil tenunan. Tujuan membuat simpul pada rantaian benang tersebut adalah untuk membentuk rumbai dan jumbai.

Teknik Menjahit


Teknik menjahit adalah teknik merekatkan seperti menyambung, mengelem atau yang lainnya dengan menggunakan benang dan jarum.

Teknik Membangun


Dan teknik yang terakhir adalah teknik membangun. Teknik membangun adalah teknik yang mencakup aktivitas menyusun berbagai komponen untuk membentuk karya 3 dimensi.

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi


Sekarang, kita tiba diinti artikel blog Pintar Sekolah kali ini. Pertama-tama, saya akan memberikan contoh karya seni rupa 2 dimensi terlebih dahulu. Dan berikut ini beberapa contohnya, dimulai dari lukisan.

1. Lukisan


Contoh Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi Pintar Sekolah
Contoh Lukisan Kuda

2. Fotografi


Contoh Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi Pintar Sekolah
Contoh Fotografi Pemandangan

3. Batik


Contoh Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi Pintar Sekolah
Contoh Batik

4. Lukisan Dinding


Contoh Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi Pintar Sekolah
Contoh Lukisan Dinding

5. Poster


Contoh Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi Pintar Sekolah
Contoh Poster

Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi


Dan ini dia materi terakhir dari artikel kali ini pada blog Pintar Sekolah. Berikut 5 contoh seni rupa 3 dimensi yang beberapa diantaranya, bahkan hampir setiap hari dengan mudah kita temukan. Langsung saja, berikut contoh karya seni rupa 3 dimensi.

1. Patung/Arca


Contoh Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi Pintar Sekolah
Contoh Patung

2. Vas Bunga


Contoh Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi Pintar Sekolah
Contoh Vas Bunga

3. Mebel (meja, kuris, dan lainnya)


Contoh Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi Pintar Sekolah
Contoh Mebel

4. Topeng


Contoh Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi Pintar Sekolah
Contoh Topeng

5. Gantungan Kunci


Contoh Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi Pintar Sekolah
Contoh Gantungan Kunci

Itu dia beberapa contoh karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi yang bisa blog Pintar Sekolah berikan pada artikel kali ini. Sebenarnya, cukup mudah bukan menemukan seni rupa 2 dimensid dan 3 dimensi? Hanya saja kita yang kurang memperhatikan.

Nantikan artikel menarik lainnya tentang Seni Budaya hanya di blog Pintar Sekolah. Mohon dikoreksi jika ada yang salah dan jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu.

Seorang siswa dari XI RPL 1 dan bersekolah di SMKN 1 Karawang. Hobi menulis dan sangat menggemari dunia web development, internet dan desain.

2 komentar

wew penjelasan yang sangat lengkap,,, mantap gan

Hehe.. blog Pintar Sekolah selalu berusaha untuk menyajikan materi selengkap dan sejelas mungkin gan, termasuk pada artikel contoh seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi ini :)

Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain
EmoticonEmoticon