7 Tips Cara Belajar Efektif dan Efisien

Halo, kembali bertemu lagi dengan saya di blog Pintar Sekolah ini yang selalu setia memberikan berbagai macam materi dan ilmu gratis kepada kamu para pelajar Indonesia. Sepertinya sudah lama sekali saya tidak membuat artikel di blog ini mengingat artikel terakhir yang saya tulis tentang contoh soal recount text dan jawabannya sejak tanggal 10 bulan Oktober yang lalu. Maka, pada kesempatan kali ini saya kembali menyempatkan waktu untuk menulis artikel dan artikel yang saya tulis kali ini adalah tentang tips dan trik belajar, lebih tepatnya 7 Cara Belajar Efektif dan Efisien.

7 Tips Cara Belajar Efektif dan Efisien Pintar Sekolah


Sebelumnya mari kita sedikit membahas tentang kata "belajar" terlebih dahulu. Menurut teman-teman sekalian, apa sih yang dimaksud dengan belajar? Mungkin jawabannya bervariasi, tapi tentu tetap menjurus pada satu hal yang sama, yaitu sebuah kewajiban bagi kita sebagai pelajar atau siswa.

Dilihat dari namanya saja, sudah jelas bahwa pelajar adalah mereka yang belajar. Namun, kadang masih banyak sekali pelajar yang masih belum menemukan pola atau cara belajar yang tepat bagi mereka sehingga belajar biasa dianggap sebagai sebuah kegiatan yang membosankan dan mereka menjadi malas untuk belajar.

Jika mereka terus belajar dengan cara yang tidak cerdas, maka sampai kapanpun tentu sia-sia saja waktu mereka untuk belajar tanpa mendapatkan ilmu pengetahuan baru. Solusi untuk masalah ini adalah mencari cara belajar yang efektif dan efisien.

Yang dimaksud dengan cara belajar yang efektif dan efisien disini adalah cara belajar yang membuat siswa menjadi nyaman ketika melakukan kegiatan belajar, lalu siswa benar-benar mendapatkan manfaat atau ilmu pengetahuan yang terkandung didalam kegiatan belajar tersebut.
Baca Juga
Selain itu, maksud kata "efisien" berarti lebih menghemat waktu. Jadi, setidaknya kamu harus bisa menemukan cara belajar yang menyenangkan dan lebih menghemat waktu tapi kamu tetap paham akan materi yang kamu pelajari dan tidak kehilangan semangat belajar juga.

Tips Cara Belajar Efektif dan Efisien


Dari pernyataan diatas bisa disimpulkan bahwa kamu harus segera mencari cara belajar yang cocok dan tepat bagi kamu jika kamu belum menemukannya. Lalu, bagaimana caranya belajar dengan efektif dan efisien? Blog Pintar Sekolah akan memberikan 7 tips agar kamu bisa mempraktekan cara belajar yang lebih berkualitas dan bermutu. Dan berikut ini tips-tipsnya.

1. Selalu Berdoa Sebelum dan Sesudah Belajar


Berdoa adalah sebuah aktivitas spiritual untuk meminta sesuatu kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tidak peduli apa agama yang kamu anut, pastikan bahwa sebelum kamu belajar kamu harus berdoa terlebih dahulu dan jangan lupa juga untuk kembali berdoa setelah kamu belajar.

Dengan meminta dan berdoa kepada Tuhan, maka peluang kamu untuk memahami materi yang kamu pelajari tentu jauh lebih besar. Dan ingat juga bahwa kamu tidak akan bisa apa-apa tanpa seizin Tuhan.

2. Kuatkan Niat dan Tekad Serta Tentukan Tujuan Belajar


Bayangkan ketika kamu mempunyai waktu liburan yang cukup lama lalu kamu langsung pergi tanpa merencanakan sesuatu, tentu kamu bingung ingin pergi kemana. Tidak beda dengan belajar, semuanya harus disertai dengan niat dan tekad yang kuat.

Sebelum belajar dan setelah berdoa, niatkan dalam hati bahwa kamu akan belajar dengan giat, tanamkan tekadmu dalam-dalam. Selain itu, tentukan juga tujuan kamu belajar. Apa yang membuat kamu ingin belajar? Semuanya akan nampak lebih jelas ketika kamu sudah merencanakan dan menentukan tujuannya.

3. Buat Jadwal Belajar dan Taati Jadwal Tersebut


Selanjutnya, setelah mendapatkan target kamu, buatlah jadwal belajar yang sesuai dengan semua jadwal kegiatan kamu yang lainnya. Jika kamu sering sekali sibuk pada siang hari, maka kamu bisa membuat jadwal belajar pada malam hari.

Namun, jangan sampai kamu mengabaikan jadwal yang sudah kamu buat. Taatilah setiap jadwal belajar kamu, buatlah semacam sanksi pelanggaran terhadap diri sendiri jika kamu melewatkan satu hari tanpa belajar dengan cara mengganti jadwal belajarnya pada hari yang lain dengan durasi yang sama.

Perlu kamu ketahui juga bahwa faktanya, belajar dengan ringkas dan singkat secara rutin jauh lebih baik daripada mempelajari banyak materi namun hanya dalam waktu itu saja (mungkin lebih dikenal dengan SKS atau Sistem Kebut Semalam).

4. Jangan Lupa Untuk Istirahat


Salah satu kesalahan terbesar pelajar di Indonesia adalah memaksakan diri untuk belajar yang dimana hal ini akan berujung pada aktivitas "ketiduran". Seharusnya, sempatkan sedikit waktu disela-sela waktu belajar kamu untuk beristirahat.

Misalnya, setiap 30 menit sekali selama belajar, luangkan 5 sampai 10 menit bagi diri kamu untuk beristirahat sebentar. Jangan lupakan juga akhir pekan. Setidaknya sisihkan 1 atau 2 hari bagi kamu untuk menghibur diri dan berkumpul bersama teman-teman pada akhir pekan. Karena hidup ini tidak selalu tentang belajar.

5. Kenali Tipe Belajar Kamu


Selanjutnya, kamu haru mulai mengenal diri kamu sendiri. Kamu tipe pelajar yang seperti apa? Apakah kamu siswa yang senang dengan gambar-gambar visual? Jika iya, maka kamu harus memanfaatkan gambar-gambar visual yang menarik agar bisa membantu proses belajar kamu.

Setiap orang tentunya memiliki tipe belajar yang berbeda. Ada juga orang yang suka belajar dengan keadaan yang hening dan tenang. Semuanya tergantung pada diri kamu. Untuk saya sendiri, saya lebih suka belajar sambil mendengarkan lagu kesukaan saya.

Setelah mengetahui dan mengenali diri kamu sendiri, selanjutnya kamu harus menyesuaikan dengan keadaan kondisi ruang belajar kamu. Apakah kamu suka belajar di kasur? atau lebih nyaman dengan buku diatas meja? Tata ruang belajar kamu sesuai dengan selera kamu.

6. Pastikan Selalu Membuat Ringkasan Sesaat Setelah Belajar


Setelah kamu selesai belajar, agar kamu benar-benar paham terhadap materi yang kamu pelajari, cobalah untuk membuat ringkasan atau rangkumannya yang diisi dengan poin-poin penting yang bisa mewakili seluruh isi materinya.

Buat poin-poin dan sub-poin tersebut semenarik, sesederhana dan semudah mungkin untuk kamu pahami. Bisa dengan membuatnya menjadi sebuah daftar atau list atau bisa juga kamu visualisasikan dengan cara digambar menggunakan simbol-simbol tertentu yang sesuai.

7. Membaca Adalah Rahasia Terbesarnya


Dan tips cara belajar efektif dan efisien yang terakhir adalah dengan membaca. Secara perlahan tapi pasti, cobalah buat diri kamu agar senang membaca. Membaca menjadi pintu utama bagi kamu menuju ilmu pengetahuan tak terbatas.

Membaca bukan hanya dibuku saja, kamu bisa membaca materi-materi pelajaran yang lebih menarik diinternet atau disitus atau blog-blog tertentu, contohnya adalah blog Pintar Sekolah ini. Dengan membaca, kamu pasti akan mendapatkan sebuah wawasan baru, jadi jangan pernah bosan untuk membaca ya.

Silahkan kamu praktikkan 7 cara diatas, dan semoga kamu segera menemukan pola belajar yang cocok dan tepat bagi kamu sehingga target serta tujuanmu segera tercapai.

Nantikan artikel menarik lainnya tentang Tips dan Trik Belajar hanya di blog Pintar Sekolah. Mohon dikoreksi jika ada yang salah dan jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu.

Seorang siswa dari XI RPL 1 dan bersekolah di SMKN 1 Karawang. Hobi menulis dan sangat menggemari dunia web development, internet dan desain.

1 komentar sejauh ini

Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain
EmoticonEmoticon