Cara Meningkatkan dan Mempertahankan Semangat Belajar

Sebagai seorang siswa, kewajiban kita yang utama setelah beribadah adalah belajar dengan baik dan sungguh-sungguh. Namun, kadang kita memiliki berbagai macam gangguan sehingga timbul rasa malas untuk belajar dan hilanglah semangat belajar kita. Maka, pada artikel kali ini blog Pintar Sekolah akan kembali memberikan sebuah tips dan trik dalam belajar, yaitu cara meningkatkan semangat belajar.

Cara Meningkatkan dan Mempertahankan Semangat Belajar Pintar Sekolah

Sebelum memasuki intisari atau bagian utama dalam artikel yang berjudul cara meningkatkan semangat belajar ini, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu belajar agar kita bisa mengerti dan memahami arti dan kontek belajar secara umum.

Belajar, bisa diartikan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seorang siswa untuk menuntut ilmu sehingga siswa atau anak yang sedang melakukan kegiatan belajar tersebut bisa menambah pengetahuan dan wawasannya.

Sementara siswa atau orang yang melakukan kegiatan belajar biasa disebut dengan pelajar. Tetapi, pelajar bisa siapa saja. Maka siswa menjadi panggilan atau sebutan yang lebih tepat kepada anak yang berkewajiban untuk belajar seperti kita ini.

Tetapi, tidak semua siswa dapat mempertahankan semangat dalam aktivitas belajarnya atau bahkan ada siswa yang sudah terlanjur malas belajar sehingga tidak mau lagi melakukan kegiatan menuntut ilmu tersebut. Tentu ini adalah hal yang tidak boleh dibiarkan.

Ketika seorang siswa sudah kehilangan semngat dalam belajarnya dan sudah malas untuk kembali melakukannya, maka besar kemungkinan siswa tersebut bisa menerima dan mendapatkan pengetahuan serta wawasan baru. Jadi, solusinya harus segera ditemukan.

Solusi yang paling sederhana dalam menghindari situasi seperti ini adalah dengan meningkatkan dan mempertahankan rasa semangat belajar dalam diri masing-masing siswa. Namun, cara meningkatkan semangat belajar yang seperti apa yang cocok bagi semua siswa dari setiap kalangan?

Nah berikut ini beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan semangat belajar kamu.

1. Temukan Pola Belajar Yang Cocok dan Menyenangkan


Cara pertama adalah cara yang paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan semangat belajar kamu. Pola belajar adalah sebuah pola atau urutan kegiatan ketika kamu melakukan aktivitas belajar atau menuntut ilmu.

Pola belajar sendiri sangat relatif dan setiap siswa memiliki pola belajar yang berbeda-beda. Maka, kamu harus bisa mencari dan menemukan pola belajar yang cocok dan menyenangkan bagi diri kamu. Misalnya, jika kamu lebih suka belajar menggunakan media visual atau penglihatan, maka kamu bisa mencoba pola belajar yang lebih sering menggunakan media visual.

Atau jika kamu lebih suka berkegiatan maka kamu bisa mencoba cara belajar yang lebih aktif seperti langsung mempraktekan apa yang telah kamu pelajari. Untuk menemukan pola belajar yang cocok, kamu harus mengerti sikap dan kebutuhan diri kamu terlebih dahulu. Setelah bisa mengerti apa yang kamu mau dan bisa mengendalikan diri, maka kamu pasti akan menemukan pola atau cara belajar yang cocok dengan kepribadian kamu.

Dengan menggunakan pola belajar yang cocok dan menyenangkan bagi kamu, maka semangat kamu untuk belajar juga akan meningkat.

2. Ajak Orang Lain


Kadang, seorang manusia menjadi lebih aktif ketika ada manusia lain yang menemaninya. Begitupun dalam belajar. Pernahkah kamu merasa jenuh ketika kamu belajar? Mungkin penyebabnya adalah karena kamu terlalu lama sendiri dan tidak berinteraksi dengan orang lain.

Solusinya adalah ajaklah orang lain atau sahabat dekatmu untuk terlibat dalam aktivitas belajar kamu. Dengan adanya orang lain yang membantu dan menemani kamu dalam belajar maka belajarpun akan menjadi jauh lebih menyenangkan.

Selain itu, kamu juga pasti akan lebih cepat dalam menerima materi dan menyerap wawasan baru kamu. Dan manfaat besar yang akan kamu dapatkan ketika belajar bersama orang lain selain meningkatkan semangat belajar, maka tali persaudaraan antara kamu dan orang yang kamu ajak akan semakin erat juga.

3. Jangan Pernah Menyalahkan Diri Sendiri Ketika Salah


Salah dalam belajar bukanlah sebuah bencana. Ketika kamu salah dalam belajar maka itu adalah hal yang biasa dan semua orang pasti pernah mengalaminya.

Jadi, jangan sampai ketika kamu salah dalam belajar kamu malah menyalahkan diri sendiri dan berhenti belajar. Maka itu adalah sebuah kesalahan besar. Cobalah untuk selalu tegar dan tersenyum ketika kamu salah. Selain itu, jadikan kesalahan tersebut menjadi sebuah pelajaran yang harus kamu hindari dimasa yang akan datang.

Anggap saja, semakin banyak kesalahan maka semakin banyak pelajaran yang bisa kamu dapatkan. Pastikan kamu tidak akan pernah mengulangi kesalahan yang sama dan teruslah belajar.
Baca Juga

4. Maksimalkan Sumber Daya dan Fasilitas Yang Ada

Pada zaman yang modern ini, semua kegiatan manusia hampir tidak luput dari teknologi. Sekarang teknologi sudah sangat canggih dan manusia sudah bisa memaksimalkan dan memanfaatkannya agar mempermudah dan bisa memenuhi kebutuhan manusia.

Namun, kadang malah banyak orang yang diperbudak oleh teknologi yang diciptakan manusia sendiri. Jangan sampai kamu menjadi salah satu dari orang-orang tersebut. Saya yakin kamu pasti mempunyai sebuah smartphone canggih. Maka manfaatkanlah smartphone tersebut.

Selain smartphone yang kamu punya, kamu juga bisa memanfaatkan dan memaksimalkan sumber daya atau fasilitas lainnya untuk meningkatkan semangat belajar kamu. Kamu bisa menggunakan internet untuk mencari dan menggali informasi yang kamu butuhkan untuk belajar sebanyak-banyaknya.

Kamu juga bisa menggunakan perpustakaan sekolah kamu untuk mencari informasi lainnya. Jadi, pastikan kamu sudah memaksimalkan semua sumber daya dan fasilitas yang ada untuk belajar sehingga semangat kamu dalam belajar semakin meningkat lagi.

5. Berpartisipasi Dalam Kelas


Cara kelima yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan dan mempertahankan semangat belajar kamu adalah dengan berpartisipasi dalam kelas. Ketika berada didalam kelas dan kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung, maka disitulah saat yang tepat bagi kamu untuk ikut berpartisipasi.

Biasanya, guru atau sang pengajar akan memberikan kesempatan kepada murid atau siswanya untuk mengajukan sebuah pertanyaan atau pendapat. Jangan sia-siakan kesempatan ini, jika ada hal yang tidak kamu pahami segeralah tanyakan kepada guru kamu.

Atau biasanya guru juga akan memberikan kesempatan kepada muridnya untuk mengisi soal yang ada didepan. Jika kamu yakin dan bisa menyelesaikannya, maka tidak ada salahnya untuk mencoba. Walaupun salah, nilai kamu tidak akan dikurangi dan kamu juga menjadi bisa memperbaikinya.

Jadi, jangan pernah sia-siakan kesempatan untuk ikut berpartisipasi atau berdiskusi didalam kelas.

6. Selalu Menghargai Diri Sendiri


Dalam melakukan aktivitas belajar, jangan pernah untuk memaksakan diri kamu. Kamu harus mulai untuk belajar menghargai diri sendiri. Pernahkah kamu melakukan sebuah perayaan kecil-kecilan ketika kamu mendapatkan nilai bagus ketika ujian?

Kamu bisa mulai menghargai diri sendiri melalui hal-hal kecil. Misalnya, ketika kamu sudah belajar selama 3 jam, kamu bisa beristirahat sejenak dan menonton tv untuk menangkan diri kamu. Karena belajar dalam jangka waktu yang lama tanpa beristirahat dan melakukan aktivitas lain juga bukan sebuah kegiatan yang baik.

Cobalah untuk selalu menghargai diri kamu sendiri atas kerja keras yang telah kamu lakukan, dan jangan pernah menyalahkan dan memaksakan diri sendiri.

7. Selalu Termotivasi dan Jangan Lupa Untuk Bahagia


Dan cara terakhir yang bisa membantu kamu dalam menumbuhkan semangat belajar adalah membuat diri kamu selalu termotivasi dan jangan pernah lupa untuk bersenang-senang.

Kamu bisa memuji diri kamu sendiri ketika kamu berhasil melakukan sebuah hal, contohnya mendapatkan nilai sempurna dalam ujian. Selain itu, kamu juga bisa mencari motivasi lainnya melalui teman-teman kamu.

Selain hal diatas, diri kamu juga memerlukan sebuah kebahagiaan. Cobalah untuk berkumpul bersama teman-teman kamu pada akhir pekan dan menghabiskan waktu bersama dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan.

Dengan begini, otak kamu akan kembali fresh dan siap dalam menerima materi baru. Saya sendiri merasakaannya. Saya telah membuat sebuah jadwal atau agenda rutin untuk berkumpul bersama teman-teman untuk melakukan hal-hal menyenangkan, entah bermain futsal atau sekadar ngopi bareng.

Semoga setelah membaca artikel ini, semangat kamu dalam belajar terus meningkat dan kamu bisa mempertahankannya sehingga kamu bisa terus berprestasi.

Nantikan artikel menarik lainnya tentang Tips dan Trik Belajar hanya di blog Pintar Sekolah. Mohon dikoreksi jika ada yang salah dan jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu.

Seorang siswa dari XI RPL 1 dan bersekolah di SMKN 1 Karawang. Hobi menulis dan sangat menggemari dunia web development, internet dan desain.

4 komentar

Sama-sama gan, terima kasih juga ya sudah berkunjung ke artikel tentang meningkatkan semangat dan motivasi belajar dari blog Pintar Sekolah ini :D

Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain
EmoticonEmoticon