7 Jajanan Singapura Wajib Icip

Photo: https://images.fineartamerica.com
Sebagai negara multi cultural, Singapura memiliki begitu banyak kuliner lezat yang beragam. Dan jika Kamu bertanya kepada warga lokal Singapore, “makanan apa yang menjadi ciri khas Singapura?” kebanyakan orang akan menjawab “Singapore Chili Crab!”. Sayangnya, makanan laut ini tergolong makanan yang cukup mahal, jka kamu berniat untuk trip hemat ke Singapura, ada tips khusus yang bisa kamu lakukan. Pertama, temukan harga kamar hotel murah. Kamu bisa menginap di kapsul hotel yang banyak tersedia di sekitar kawasan kota Singapura. Kedua, cari tiket promo murah dan pesan tiket pesawat Lion Air,yang banyak menyediakan tiket promo penerbangan menuju Singapura. Dan yang paling penting, temukan jajanan yang enak dengan harga terjangkau. Tidak perlu bingung, sebagai referensi, berikut 7 kuliner khas Singapura yang bisa kamu icip saat nge-trip hemat ke negara tetangga.


  • Uncle Ice Cream / $1 Ice Cream


https://i.pinimg.com

Uncle ice cream atau yang lebih dikenal dengan sebutan 1$ ice cream, sudah menjadi jajanan wajib para wisatawan. Bahkan, bisa dibilang makanan ini sudah menjadi salah satu ikon jajanan pinggir jalan Singapore. Disebut dengan Uncle Ice Cream karena kebanyakan penjualnya adalah para uncle (sebutan untuk paman/orang tua di Singapore). Uncle Ice Cream ini adalah berupa es potong yang disajikan dengan roti tawar warna-warni, atau bisa juga pakai 2 keping wafer tipis, tergantung selera, selain banyak pilihan rasa, harganya pun sangat ramah dikantong. 

  • Bak kut Teh


http://sethlui.com

Bak kut sendiri dalam dialek bahasa Cina artinya tulang iga alias ribs. Tetapi, dalam bak kut teh ini, iga yang dimaksud adalah tulang iga babi, dan makanan ini tergolong makanan non-halal ya. Sebenarnya, ada 2 jenis bakut teh, yang satu ala Malaysia, dan yang satu lagi ala Teochew, dan di Singapore lebih banyak yang ala Teochew, yaitu bak kut teh yang tekstur kuahnya bening dan mengandung banyak sekali lada. Cocok untuk santapan dimalam hari yang dingin, kuahnya yang eksta rempah-rempah bisa buat badan hangat loh! 

  • Briyani


http://sg.asia-city.com

Ingin mencari makanan berat? Kamu bisa coba untuk menikmati nasi Briyani yang banyak ditemukan di restoran India. Warnanya persis layaknya nasi kuning, dan yang membedakan adalah rasa nasi Briyani yang jauh lebih berempah karena menggunakan banyak sekali rempah-rempah khas India. Selain itu, bulir nasinya juga jauh lebih panjang karena menggunakan beras khusus jenis briyani. Dijamin, kamu akan sangat kenyang, karena seporsi nasi Briyani biasanya dikombinasikan dengan daging kari, seperti chicken curry ataupun mutton curry.

  • Fried Carrot Cake


http://thepeakmagazine.com.sg

Eits, ini bukan kue berbahan wortel manis ya. Carrot cake yang satu ini adalah hidangan gurih yang terbuat dari kombinasi tepung beras dan sejenis lobak putih (yang sering disebut juga sebagai white carrot). Adonan tadi kemudian dikukus kemudian dipotong kotak-kotak kecil, lalu digoreng dengan ditambah kocokan telur. Fried Carrot Cake ini ada 2 jenis, black and white, yang hitam digoreng dengan kecap manis, sedangkan yang putih polos saja. Kamu bisa membeli fried carrot cake di food court ataupun hawker center.

  • Lor Mee


http://www.angsarap.net/

Jika Kamu penggemar Lomie, tekstur makanan Lor Mee ini hampir sama dengan Lomie. Makanan berkuah ini merupakan mie kuning yang disiram dengan kuah coklat yang sangat kental. Jika lomie biasanya memakai toping kangkung dan baso sapi, di Singapore toppingnya jauh lebih banyak. Mulai dari pangsit, ngohiang, fillet ikan goreng tepung, gorengan tepung yang crunchy, sliced bbq pork dan toge. Untuk kondimen nya sendiri l, bisa ditambah cuka, bawang putih, cabai & seledri. Yummy!  

  • Roti Prata


http://www.visitsingapore.com

Makanan yang berasal dari India ini menjadi salah satu kuliner yang bisa dinikmati setiap waktu. Roti prata cocok dimakan sebagai menu sarapan ataupun camilan malam saat lapar, asyiknya, kedai-kedai yang menyajikan roti prata ini buka sampai 24 jam loh! Roti prata sendiri terbuat dari tepung yang diolesi banyak minyak (ghee), biasanya roti prata dipadukan dengan kuah kari (mutton curry, chicken curry, dll), tapi bisa juga dikombinasikan dengan isian manis seperti coklat, pisang, gula, dll.

  • Claypot Rice


http://www.theculinaryfoodgroup.com

Satu lagi makanan berat yang berasal dari nasi. Claypot rice adalah nasi yang dibakar diatas claypot (mangkok tanah liat). Yang paling enak dari claypot rice adalah, selain memiliki banyak topping yang bisa dipilih sesuai selera, pinggiran dan bagian bawahnya kering  layaknya kerak nasi, dan itulah yang membuat tekstur makanan ini jadi menarik. Tapi bagi sebagian orang yang sedang darurat lapar, akan sedikit kerepotan karena claypot rice ini belum bisa langsung dimakan, karena masih sangat panas saat dihidangkan. 

Terlihat lezat dan nikmat bukan? Dengan memilih makanan khas yang harganya terjangkau, tentunya Kamu juga bisa menghemat budget dan bisa memilih harga kamar hotel yang terjangkau pula. 
Segera kosongkan jadwal dan kemas barang-barang kamu, temukan harga kamar hotel murah dan pesan tiket pesawat Lion Air di Reservasi.com yang menyediakan rute penerbangan langsung menuju Singapura melalui situs booking online Reservasi.com. Selamat berlibur! 

Seorang siswa dari XI RPL 1 dan bersekolah di SMKN 1 Karawang. Hobi menulis dan sangat menggemari dunia web development, internet dan desain.

Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain
EmoticonEmoticon