Wednesday, July 12, 2017

Teks Berita, Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur dan Contohnya

Selamat datang kembali di blog Pintar Sekolah. Dari materi teks eksposisi pada kategori artikel Bahasa Indonesia, sekarang mari kita beralih ke materi kelas XII, yaitu teks berita. Apa yang kamu ketahui tentang berita? Berita sendiri sudah seperti "makanan" sehari-hari bagi kita semua. Karena, di televisi saja banyak sekali berbagai macam berita mulai dari olahraga sepak bola, hingga berita teknologi.

Teks Berita, Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur dan Contohnya Pintar Sekolah

Tak hanya itu, selain di televisi atau program acara lainnya yang kita tonton, kita juga bisa menemukan contoh sebuah berita di internet seperti di media sosial. Saya yakin hampir setiap hari kita pasti membuka media sosial kita baik dari laptop atau komputer maupun smartphone.

Namun, apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan teks berita seperti berbagai macam berita yang sudah kamu tonton atau kamu baca? Kalau membahas pengertian dan struktur tentang teks berita itu sendiri saya rasa tidak semua orang mengetahuinya. Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dijelaskan semua tentang teks berita, mulai dari pengertian, ciri-ciri, kaidah kebahasaan, syarat hingga satu contoh teks berita.

Pengertian Teks Berita


Yang pertama, kita akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan teks berita. Berikut penjelasan singkat tentang pengertiannya.

Teks berita adalah teks yang berisi informasi tentang apa pun yang terjadi di dunia, seperti informasi yang ditulis di media cetak, disiarkan di radio, ditayangkan di televisi atau diunggah di internet.

Harusnya, semua teks berita itu berisi atau berdasarkan fakta yang ada dan yang terjadi. Tetapi, tidak semua fakta harus diangkat atau dibuat menjadi sebuah teks berita.

Jadi, teks berita tidak boleh berisi informasi yang fiksi atau tidak nyata, melainkan harus berisi informasi atau fakta yang jelas-jelas kebenaran atau sumbernya.

Saya rasa kamu sudah cukup paham dan mengerti kan tentang pengertian mengenai teks berita setelah membaca penjelasan singkat diatas.

5W + 1H Pada Teks Berita


Untuk membuat atau menyusun sebuah informasi atau fakta yang ada menjadi sebuah teks berita bukanlah hal yang mudah. Kamu harus menyusun semua informasi yang ada tersebut sedemikian rupa sehingga bentuknya benar-benar seperti teks berita pada umumnya.
Baca Juga
Untuk membantu kamu dalam pembuatan dan penyusunan teks berita itulah, 5W dan 1H diciptakan. Lalu apa yang dimaksud dengan 5W + 1H ini?

5W + 1H adalah 6 sebuah rumus yang biasanya digunakan oleh pembuat berita atau wartawan dalam menyusun teks berita. Rumus tersebut merupakan sebuah singkatan bahasa Inggris yang memuat 6 pertanyaan dasar terkait teks berita.

6 pertanyaan yang dimaksud dalam pernyataan diatas adalah :
  1. What? Apa yang terjadi? Peristiwa atau informasi apa yang kamu dapatkan? Pertanyaan ini adalah pertanyaan pertama yang menjadi dasar sebuah teks berita dibentuk. Dengan pertanyaan ini maka kamu bisa menemukan sebuah inti atau gagaan utama sebuah paragraf dalam teks berita.
  2. Who? Siapa yang terlibat? atau siapa yang menjadi tokoh dalam peristiwa tersebut? Selanjutnya setelah menemukan gagsan pokoknya, maka kamu akan menemukan siapa tokoh yang terlibat dalam peristiwa yang terjadi.
  3. Where? Dimana terjadinya? Dimana peristiwa tersebut terjadi. Kamu akan menemukan tempat dimana peristiwa dalam teks berita tersebut berlangsung dan terjadi.
  4. When? Kapan terjadinya? Kapan peristiwa tersebut terjadi. Kamu akan menemukan waktu kapan berita atau peristiwa tersebut terjadi atau berlangsung selama berapa lama.
  5. Why? Dan singkatan terakhir dari 5W adalah why yang aritnya, mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi? Kamu akan menemukan alasan dibalik terjadinya peristiwa yang sudah tejadi tersebut.
  6. How? Dan yang terakhir adalah singkatan dari 1H nya, yaitu how. Bagaimana proses berlangsungnya peristiwa tersebut?

Dengan menggunakan rumus diatas, kamu akan lebih mudah dalam menyusun sebuah fakta atau informasi menjadi susunan teks berita yang utuh.

Struktur Teks Berita


Setelah mengetahui pengertian dan rumus yang digunakan dalam penyusunan serta pembuatan teks berita, maka sekarang kita akan mempelajari tentang struktur teks berita.

1. Orientasi Berita


Seperti struktur teks lain, pada umumnya sebuah teks berita awalnya memiliki sebuah orientasi.

Arti dari orientasi berita pada struktur teks berita adalah pembuka yang berupa paragraf mengenai peristiwa yang akan diberitakan.

2. Peristiwa


Pada bagian struktur inilah semua fakta yang ada atau peristiwa yang terjadi dinarasikan dan diinformasikan.

Peristiwa pada struktur teks berita juga bisa dikatakan sebagai sebuah inti dari teks berita tersebut.

3. Sumber Berita


Dan struktur yang terakhir pada teks berita adalah sumber berita.

Sumber berita berisi sumber dari peristiwa atau fakta yang dipaparkan pada teks berita tersebut. Namun, lokasi sumber berita tidak harus berada diakhir teks, yang artinya lokasinya bisa fleksibel.

Cukup sederhana bukan struktur dari sebuah teks berita? Setelah melihat strukturnya yang hanya berjumlah 3 buah saya rasa kamu lebih tertarik untuk langsung membuat sebuah teks berita.

Ciri-Ciri Teks Berita


Teks berita juga memiliki beberapa ciri-ciri atau syarat-syarat yang harus dipenuhi sehingga teks tersebut bisa dikatakan menjadi sebuah teks berita. Lalu, apa saja ciri-cirinya?

Berikut ciri-ciri yang baik dan benar pada seubah teks berita.

  1. Fakta. Berita tersebut haruslah memuat sebuah fakta yang nyata, bukan opini atau gagasan sang penulis.
  2. Berita yang dimuat merupakan sebuah peristiwa yang jarang terjadi atau berulang-ulang. Dalam arti lainnya bisa disebut unik atau anti-mainstream.
  3. Aktual. Peristiwa yang diberitakan haruslah peristiwa yang baru saja terjadi atau yang paling update, bukan peristiwa lama yang kembali diviralkan.
  4. Tidak ada rekayasa atau modifikasi, jadi isinya harus sesuai dengan fakta yang terjadi.
  5. Memberikan informasi dan keterangan waktu serta tempat yang jelas.
  6. Berita dimuat dengan gaya bahasa yang menarik sehingga bisa menarik minat pembaca.
  7. Menggunakan bahasa yang baku, atau formal.
  8. Tidak mencantumkan atau memberitahukan opini serta gagasan sang penulis pada isi berita.
  9. Judul berita harus bisa mewakili seluruh isi berita.
  10. Penggunaan gaya bahasa harus bisa dengan mudah dipahami dan diserap oleh pembaca.
  11. Kronologis atau alur peristiwanya dimuat secara berurutan.
  12. Bersifat objektif.

Kaidah Kebahasaan Teks Berita


Selain mempunyai ciri-ciri seperti diatas, teks berita juga memiliki ciri atau kaidah kebahasaanya tersendiri. Apa sajakah itu? berikut semua kaidah kebahasaan yang digunakan pada sebuah teks berita.

  1. Adanya keterangan
  2. Verba intransitif
  3. Verba pewarta
  4. Verba transitif
  5. Kalimat majemuk
  6. Kalimat langsung dan kalimat tidak langsung.

Contoh Teks Berita Dengan Rumus 5W + 1H


Dan sebagai penutup untuk artikel tentang teks berita kali ini, blog Pintar Sekolah memberikan satu contoh teks berita disertai dengan peletakan rumus 5W dan 1H nya yang didapatkan dari sumber yang ada di internet.

Keluar Jalur, Kereta Api Sri Lelawangsa Tabrak Tembok Pembatas Rel
Empat rangkaian gerbong kereta jurusan Medan-Binjai keluar dari jalur dan menabrak tembos pembatas rel di kawasan Jalan M.T Haryono kota Medan, Selasa (15/12/2015) (What, Where, When)
Peristiwa ini membuat warga setempat panik, pasalnya rangkaian kereta ini tiba-tiba memasuki jalur rel yang telah lama ditutup atau tidak difungsikan lagi.
Kereta penumpang Sri Lelawang Syah jurusan Medan-Binjai ini melaju kencang hingga pindah ke jalur kosong yang buntu dan tidak terintegrasi ke jalur lainnya sehingga menabrak tembok pembatas yang berada sekitar 100 meter dari stasiun besar kereta api Medan. (How)
Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Di duga kereta tiba-tiba berpindah jalur karena ada kelalaian operator. Namun, kepala stasiun besar kereta api Medan, Nahruddin, yang tiba dilokasi kejadian belum memberikan keterangan terkait penyebab kecelakaan ini. (Why, Who)

Baiklah, saya rasa sudah dijelaskan semua materi tentang teks berita pada artikel kali ini. Artikel selanjutnya pada kategori mata pelajaran Bahasa Indonesia, saya akan memberikan contoh-contoh teks berita sama seperti pada saat saya memberikan 10 contoh teks eksposisi lengkap. Jadi, tunggu saja ya.

Nantikan artikel menarik lainnya tentang Bahasa Indonesia hanya di blog Pintar Sekolah. Mohon dikoreksi jika ada yang salah dan jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu.

Seorang siswa dari XI RPL 1 dan bersekolah di SMKN 1 Karawang. Hobi menulis dan sangat menggemari dunia web development, internet dan desain.

14 komentar

Mantap, membuat saya ingat kembali pelajaran sewaktu sekolah..

Hehe sip gan, terima kasih sudah berkunjung dan memberikan komentar di artikel tentang teks berita ini ya :D

ane biasa pake rumus Rumus 5W + 1H waktu jadi jurnalis fakultas

Mantap, membuat saya ingat kembali pelajaran sewaktu sekolah..

hehe sip gan, jdi brasa balik ke sma lagi dehh

Benar sekali. Dalam pembuatan berita harua memperhatikan salah satunya 5w+1H.
Selain itu, berita yang bersifat persuasif untuk pembaca membacanya, akan menjadi nilai tambah bagi berita tersebut.
Fakta atau kebenaran dari suatu berita juga harus ada, jangan asal membuat berita yang berarah kepada hoax.

Wuih mantap gan pernah jadi jurnalis hehe :D

Betul sekali. Oleh karena itu lah sebuah teks berita harus berdasarkan fakta dari sumber yang terpercaya :D

ini bahasa indonesia ya jadi kangen :D

Waah sangat lengkap artikelnya, terus berkarya ya pintar sekolah :))

Kangen apa nih gan? Kangen bahasa Indonesia zaman SMA ya :D

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar di artikel tentang teks berita ini. Semoga blog Pintar Sekolah terus berkembang dan memberikan yang terbaik :D

Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain
EmoticonEmoticon