Teknik-Teknik Dasar Bermain Sepak Bola

Tags

Olahraga sepak bola adalah salah satu cabang olahraga yang paling populer dan paling terkenal di dunia hingga saat ini. Namun, kamu tidak akan menjadi pemain sepak bola yang handal jika hanya mengandalkan kemampuan fisik dan kecepatan tubuh kamu. Diperlukan beberapa teknik-teknik dasar untuk bermain olahraga sepak bola.

Teknik-Teknik Dasar Bermain Sepak Bola Pintar Sekolah

Pada materi olahraga sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang pengertian sepak bola baik secara umum maupun menurut para ahli serta macam-macam posisi pada olahraga sepak bola. Maka, sekarang kita akan membahas tentang teknik-teknik dasar yang harus dikuasai oleh seorang pemain sepak bola.

Mengapa diperlukan teknik-teknik dasar tersebut untuk dikuasai agar kamu bisa bermain sepak bola dengan baik dan benar? Karena, seperti yang kita ketahui bersama bahwa permainan atau olahraga sepak bola adalah olahraga yang memerlukan berbagai macam kemampuan.

Kemampuan yang saya maksud diatas meliputi kekuatan fisik tubuh, kecepatan yang mumpuni dan beberapa teknik dasar. Nah, disitulah teknik-teknik dasar diperlukan agar kamu mempunyai kemampuan yang cukup bermain sepak bola.

Teknik-Teknik Dasar Bermain Sepak Bola


Ada pun beberapa teknik-teknik dasar dalam bermain sepak bola, diantaranya :
  1. Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribbling)
  2. Teknik Dasar Menendang Bola (Shooting)
  3. Teknik Dasar Mengumpan Bola (Passing)
  4. Teknik Dasar Menghentikan Bola (Stopping)
  5. Teknik Dasar Menyundul Bola (Heading)
  6. Teknik Dasar Merebut Bola (Tackling)
  7. Teknik Dasar Menyapu Bola (Sliding Tackle)
  8. Teknik Dasar Menangkap Bola (Goal-Keeping)
  9. Teknik Dasar Lemparan Ke Dalam (Throw-In)

Ternyata banyak juga ya teknik dasar yang perlu dikuasai jika mau bermain sepak bola yang baik benar.

Oh ya perlu kamu ketahui bahwa 9 teknik dasar diatas adalah teknik dasar wajib yang dikuasai oleh semua pemain sepak bola dan tidak terkecuali. Artinya, walaupun posisi kamu adalah penyerang tetapi kamu juga harus menguasai teknik dasar merebut bola dari lawan, menangkap bola dan teknik-teknik dasar lainnya.

Walaupun cukup banyak, tetapi tenang saja karena pada artikel kali ini blog Pintar Sekolah akan menjelaskan semua teknik-teknik dasar diatas dengan lengkap dan jelas.

1. Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribbling)


Teknik dasar pertama yang harus kamu kuasai adalah teknik dasar menggiring bola atau yang biasa disebut dengan istilah dibbling.

Apa gunanya menggiring bola? Kamu bisa mendekati daerah pertahanan lawan atau bahkan menerobosnya, membawa bola untuk ditendang ke arah gawang lawan dan berbagai macam manfaat lainnya.

Selain itu, setelah kamu menerima umpan dari rekan satu tim kamu, maka setidaknya kamu harus menggiring bola tersebut terlebih dahulu sebelum diterukan kepada rekan satu tim kamu yang lainnya atau langsung kamu tendang ke arah gawang lawan.

Untuk menggiring bola, kamu hanya perlu menendang atau mendorong bola dengan pelan ke arah yang kamu mau. Posisi kaki kamu seharusnya ditekuk sedikit agar memudahkan kamu dalam penguasaan bola.

Namun, teknik menggiring bola dibagi menjadi 2 macam berdasarkan situasi yang sedang kamu hadapi. Berikut ini penjelasan 2 teknik menggiring bola berdasarkan situasinya :
  1. Closed Dribbling. Teknik menggiring bola dengan tingkat penguasaan bola yang penuh sehingga benar-benar aman dari tackle lawan. Dalam teknik ini, kamu harus mendribble bola dengan jarak bola dengan kaki tidak boleh lebih dari 1 m.
  2. Speed Dribbling. Teknik mendorong bola dengan tingkat penguasaan bola yang rendah pada saat area yang dikuasai kosong dan tidak tersentuh oleh lawan. Bola ditendang ke depan sejauh-jauhnya lalu harus dikejar dengan cara berlari dan melanjutkan penggiringan bola.

Dua teknik diatas tentu harus kamu gunakans esuai dengan situasi yang terjadi dilapangan.

Jika kamu sedang mendapatkan bola dan banyak pemain lawan disekitar kamu, maka kamu harus menggunakan teknik closed dribbling dan harus terus menjaga agar bola tetap berada di kaki kamu dan tidak boleh mendribble dengan jarak bola dengan kaki lebih dari 1 m.

Dalam melakukan closed dribbling, janganlah kamu meningkatkan kecepatan dribble kamu dan melebarkan posisi kaki atau mendorong bola lebih jauh. Tetapi, perhatikan lah frekuensi dribble kamu.

Sementara jika situasinya tidak ada lawan dan area didepan kamu terbuka lebar maka lakukanlah speed dribbling dan giring bola sejauh dan secepat-cepatnya menuju area pertahanan lawan.

Berdasarkan teknik cara menggiring bolanya, maka dibagi lagi menjadi beberapa teknik. Karena terlalu panjang dan diluar dari topik pembahasan kali ini maka teknik menggiring bola akan dibahas lebih jauh pada artikel berikutnya.

2. Teknik Dasar Menendang Bola (Shooting)


Teknik dasar yang kedua adalah menendang bola atau yang biasa disebut dengan istilah shooting.

Tak hanya seorang striker atau penyerang, tetapi seorang defender atau bek juga harus bisa menendang bola. Mengapa seperti itu? karena, selain untuk memasukkan bola ke gawang lawan, menendang juga bisa berfungsi untuk membuang bola pada saat situasi tertentu yang mengharuskan pemain membuang bola.

Jadi, tentu menendang bola adalah salah satu teknik sepak bola yang wajib dikuasai jika ingin menjadi pemain sepak bola yang handal.

Teknik menendang bola juga dibagi menjadi 7 teknik, yaitu :
  1. Teknik menendang bola dengan bagian sisi dalam kaki
  2. Teknik menendang bola dengan bagian sisi luar kaki
  3. Teknik menendang bola dengan punggung kaki (kura-kura)
  4. Teknik menendang bola dengan punggung sisi dalam kaki
  5. Teknik menendang bola dengan tumit
  6. Teknik menendang bola dengan ujung sepatu

Tentu 7 teknik diatas akan sangat panjang penjelasannya jika digabung dalam artikel kali ini. Lagi pula kita hanya akan membahas teknik dasar dalam permainan sepak bola saja. Jadi, saya hanya akan menjelaskan 3 teknik menendang bola yang paling sering digunakan, yaitu teknik menendang bola dengan bagian sisi dalam, sisi luar dan punggung kaki.

Baiklah, berikut ini 3 teknik dasar menendang bola beserta langkah-langkahnya.

Teknik Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Dalam


Teknik ini menggunakan kaki bagian dalam kaki untuk menendang, berikut ini cara menendang bola dengan kaki bagian dalam.
  1. Berdiri dan arah tubuh ke arah bola.
  2. Posisikan kaki kiri bertumpu di samping bola dengan lutut sedikit ditekuk.
  3. Pastikan agar tubuh sedikit condong ke belakang.
  4. Tekuk kedua tangan kamu untuk keseimbangan.
  5. Fokus ke arah bola dan sasaran tendang kamu.
  6. Bidik bola tepat ditengahnya dengan bagian dalam sisi kaki.
  7. Lalu, ayunkan kaki dari belakang ke depan dan tendang bolanya dengan sasaran bola berada di samping.
  8. Sesaat setelah menendang, tumpu berat badan pada kaki kanan atau kaki yang dipakai untuk menendang tadi.
  9. Mendarat dengan baik dan mendahulukan kaki kana atau kaki yang dipakai untuk menendang bola.

Teknik Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Luar


Lalu, selain teknik menendang bola dengan kaki bagian dalam, ada juga teknik menendang bola dengan kaki bagian luar. Berikut cara menendang bola dengan kaki bagian luar.
  1. Sikap awal tubuh adalah berdiri dengan menghadap ke arah bola.
  2. Kaki kiri atau kaki yang menumpu tubuh berada disamping bola.
  3. Kedua tangan direlakskan agar menjaga keseimbangan tubuh.
  4. Kaki kanan atau kaki yang digunakan untuk menendang sedikit diputar kedalam.
  5. Pandangan mata ke arah bola.
  6. Ayunkan kaki yang digunakan untuk menendang ke depan.
  7. Kaki bagian luar disentuhkan dengan bola.
  8. Kemudian, condongkan berat badan ke bagian depan tubuh.

Teknik Menendang Bola Dengan Punggung Kaki (kura-kura)


Dan teknik dasar menendang bola ysng terakhir adalah dengan dengan teknik menendang bola dengan punggung kaki atau yang biasa disebut dengan istilah kura-kura.
  1. Sikap awal tubuh adalah berdiri menghadap bola.
  2. Kaki kiri atau yang digunakan untuk menumpu diletakkan di samping bola dengan sedikit menekuk lutut.
  3. Kedua tangan rileks untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  4. Pandangan mata fokus ke arah bola.
  5. Tekuk ke bawah pergelangan kaki yang akan digunakan untuk menendang bola.
  6. Ketika menendang, tekuk menghadap ke depan lutut kaki kanan atau yang digunakan untuk menendang dan ayunkan dari belakang ke arah bola, kemudian sentuhkan kaki pada bola bagian belakang.
  7. Setelah menendang, tumpukan berat badan ke bagian depan.

Nah itulah teknik dasar menendang bola dalam olahraga sepak bola.

3. Teknik Dasar Mengumpan Bola (Passing)


Lalu teknik dasar yang harus dikuasai selanjutnya adalah mengumpan bola atau yang biasa dikenal dengan istilah passing.

Kamu tentunya harus bisa mengumpan dan menerima bola. Kenapa seperti itu? Karena sebuah tim sepak bola terdiri dari banyak sekali pemain dan itulah gunanya passing, yaitu untuk memberi atau mengumpan bola kepada rekan satu tim atau menerimanya.

Jika kamu bermain sepak bola dengan tidak melakukan passing, maka tentu kamu tidak memerlukan rekan tim dan bermain saja sendiri.
Baca Juga
Selain itu, mengumpan bola juga lebih efektif untuk menyerang ke area pertahanan lawan dengan cepat dan membutuhkan tenaga yang lebih sedikit daripada kamu harus menggiring bola terus menerus.

Untuk melakukan passing, caranya cukup mudah. Kamu hanya tinggal menendang bola dengan pelan ke arah rekan satu tim kamu. Namun kekuatan tendangan tentunya harus disesuaikan dengan jarak antara kamu dengan teman yang ingin kamu umpan bola. Semakin jauh jaraknya maka tentu kekuatan dalam mengumpan bola juga harus lebih kuat, dan sebaliknya.

Ada beberapa teknik mengumpan bola secara lanjutan (advanced) yang akan kita bahas pada artikel tentang olahraga sepak bola yang lainnya.

Pemain bola yang baik akan melakukan passing atau mengumpan bola kepada rekan satu timnya pada saat dia sudah "mentok" atau tidak bisa menggiring bola lagi karena dihadang lawan. Karena jika sudah "mentok" baru mengumpan bola tentu itu adalah tindakan yang kurang baik dan terkesan hanya ingin "main sendiri".

Namun ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan pada saat mengumpan bola, diantaranya :
  1. Lahu bola terlalu lambat sehingga bola tidak sampai ke arah teman satu tim.
  2. Umpan bola yang tidak akurat.
  3. Mengumpan bola padahal saatnya untuk menendang.
  4. Kontrol bola yang kurang maksimal.
  5. Terlalu lama menggiring bola sehingga tidak sempat mengumpan bola dan sudah terlebih dahulu direbut lawan.

Selain itu, mengumpan bola juga tidak harus selalu tepat ke arah teman satu tim, tetapi ke arah yang berbeda sesuai dengan situasinya, contohnya seperti ini :
  1. Ketika teman satu tim sedang berlari dan kamu mengumpan bola ke area kosong yang ada didepannya.
  2. Kamu bisa mengumpan bola ke area yang ada didepan teman kamu sehingga dia langsung berlari dan mengejar bola tersebut.
  3. Saat melakukan umpan terobosan.

Dan kamu juga tidak harus selalu menghentikan bola ketika menerimanya. Tetapi, kamu juga bisa :
  1. Langsung diumpan lagi ke arah teman yang lain.
  2. Diarahkan ke arah kamu membawa bola sehingga lebih menghemat waktu.
  3. Diarahkan ke tempat yang kosong dari lawan sehingga mengurangi penjagaan pada diri kamu.

Dan yang terakhir, teknik mengumpan bola juga dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya :
  1. Umpan 1-2 (wall pass)
  2. Umpan terobosan (through pass)
  3. Umpan silang (crossing)
  4. Umpan diagonal

Kita akan mempelajari jenis-jenis passing pada artikel yang berbeda.

4. Teknik Dasar Menghentikan Bola (Stopping)


Dalam bermain sepak bola, kamu juga harus tahu teknik dasar menghentikan bola atau yang biasa disebut dengan istilah stopping.

Karena, ada beberapa saat atau situasi dimana kamu harus menghentikan bola, seperti pada saat kamu menerima umpan lambung, tentu kamu harus menghentikan bolanya terlebih dahulu agar kamu lebih menguasai kontrol bola.

Selain itu, dengan menghentikan bola, kamu juga bisa memainkan tempo atau ritme permainan, mengubah alur atau laju permainan, memainkan cara bermain ball possession, dan mempermudah melakukan passing.

Teknik dasar ini juga sering dikombinasikan pada saat pemain menerima umpan bola dari rekan satu timnya.

Teknik dasar menghentikan bola juga dibagi menjadi beberapa teknik lanjutan, diantaranya seperti menghentikan bola dengan kaki bagian dalam, luar, telapak kaki, punggung kaki, dengan dada, paha, dan dengan perut. Kita akan membahas semuanya pada artikel yang lain.

5. Teknik Dasar Menyundul Bola (Heading)


Selanjutnya ada teknik dasar menyundul bola atau istilah kerennya adalah heading.

Heading sangat berguna, kamu bisa melakukan heading dengan tujuan untuk mencetak gol, mengumpan bola, mematahkan umpan lawan dan membuang bola.

Banyak gol-gol indah yang tercipta dari hasil menyundul bola. Namun, banyak pemain sepak bola yang salah dalam melakukan teknik ini. Kebanyakan dari mereka melakukan heading dengan ubun-ubun atau bagian atas kepala. Itu adalah cara yang salah karena akibatnya bola akan menjadi tidak terarah dan malah melambung ke atas.

Teknik yang benar adalah menggunakan dahi untuk melakukan sundulan bola. Dengan menggunakan dahi, kamu bisa mengarahkan kemana bola seharusnya pergi. Lalu, seharusnya pemainlah yang berusaha untuk mengenai bola, bukan bola yang harus mengenai mereka. Kamu bisa melakukan heading baik pada saat berdiri, melompat maupun sambil meluncur dan menjatuhkan tubuh ke bawah.

6. Teknik Dasar Merebut Bola (Tackling)


Kamu juga perlu mempelajari bagaimana caranya atau teknik dasar merebut bola dari kaki lawan atau yang biasa disebut dengan tackling.

Kamu bisa melakukan berbagai macam upaya untuk merebut bola dari kaki lawan, seperti mencoba membaca arah bola, memprediksi gerakan lawan selanjutnya atau langsung mencoba merebut bola secara langsung.

Namun, cara yang paling mudah salah satunya adalah dengan cara memotong umpan yang dilakukan oleh lawan atau yang biasa dikenal dengan istilah intercepting.

Usahakan lah untuk selalu fokus terhadap bola, bukan pada badan lawan karena biasanya lawan akan melakukan berbagai macam gerak badan tipuan.

Silahkan kamu berlatih untuk merebut bola dari lawan apalagi jika kamu berposisi sebagai seorang pemain bertahan seperti saya.

7. Teknik Dasar Menyapu Bola (Sliding Tackle)


Teknik dasar menyapu bola atau sliding tackle juga merupakan salah satu usaha untuk merebut bola dari lawan.

Namun, biasanya teknik ini cukup rawan untuk dilakukan dan hanya beberapa pemain bertahan saja yang sudah ahli dalam melakukannya tanpa mendapatkan pelanggaran apalagi kartu pelanggaran dari wasit.

Diperlukan beberapa kemampuan dalam melakukan teknik meluncur dan merebut bola dari lawan ini. Kamu harus memperkirakan waktu yang tepat kapan harus melakukan sliding tackle, karena jika salah sedikit saja bisa-bisa kamu yang mendapatkan kartu pelanggaran dari wasit.

Usahakan lah agar kaki kamu menuju dan mengenai bola, bukan kaki pemain lawan. Selain itu, sliding tackle juga tidak boleh dilakukan dari belakang, sliding tackle yang menggunakan teknik menggunting, dan mengangkat kaki ke atas pada saat melakukan tackle.

8. Teknik Dasar Menangkap Bola (Goal-Keeping)


Beda dari yang lain, teknik dasar ini dikhususkan hanya untuk seorang penjaga gawang atau keeper.

Jika kamu berposisi sebagai penjaga gawang dalam tim kamu, maka sudah seharusnya kamu mempelajari teknik-teknik dasar menangkap bola atau goal-keeping.

Kamu harus sering berlatih mencoba untuk menangkap bola baik dari sisi kiri maupun kanan gawang, baik tendangan ke atas maupun tendangan datar dan kamu juga perlu mencoba menangkap bola dari tendangan penalty.

9. Teknik Dasar Lemparan Ke Dalam (Throw-In)


Dan teknik terakhir dari 9 teknik dasar bermain sepak bola adalah lemparan ke dalam atau throw-in.

Ketika bola keluar pada saat permainan berlangsung dari lapangan permainan dan melewati garis sisi lapangan, maka bola tersebut telah keluar dari lapangan dan menjadi bola mati.

Maka lemparan ke dalam harus dilakukan, setelah lemparan ke dalam dilakukan barulah permainan kembali dilanjutkan. Lemparan ke dalam hanya boleh dilakukan oleh pemain dari tim yang tidak menyentuh bola terakhir pada saat bola masih hidup atau didalam lapangan.

Berikut ini ketentuan dalam melakukan lemparan ke dalam :
  • Bola dilempar oleh kedua tangan dan harus melewati atas kepala.
  • Kedua kaki harus tetap menempel atau menjinjit di tanah saat melempar bola.

Lemparan ke dalam bisa menjadi awal strategi permainan yang sangat berbahaya, apalagi jika dilakukan didekat area pertahanan.

Ada 3 posisi pilihan kaki pada saat melakukan lemparan ke dalam, diantaranya yaitu kedua kaki sejajar rapat, salah satu kaki di depan atau di belakang, dan kedua kaki dibuka lebar.

Itu dia semua teknik-teknik dasar bermain sepak bola. Kita akan mempelajari dan membahas masing-masing teknik lebih lanjut dan lebih mendalam pada artikel yang akan datang.

Nantikan artikel menarik lainnya tentang Olahraga hanya di blog Pintar Sekolah. Mohon dikoreksi jika ada yang salah dan jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu.

Seorang siswa dari XI RPL 1 dan bersekolah di SMKN 1 Karawang. Hobi menulis dan sangat menggemari dunia web development, internet dan desain.

6 komentar

Kalo teknik salto itu namanya apa yah?

Itu adalah salah satu teknik tingkat atas yang memerlukan beberapa kemampuan, kita akan mempelajarinya pada teknik tingkat atas bermain sepak bola di artikel yang akan datang :D

Klo yg ada di Inazuma Eleven itu pakai teknik apa ya...??

Mungkin teknik bermain bola versi anime/kartun kali ya :D

Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain
EmoticonEmoticon