Wednesday, July 12, 2017

Macam-Macam Posisi Pemain Sepak Bola

Tags

Sepak bola adalah salah satu cabang olahraga yang paling populer di dunia hingga saat ini. Karena kepopulerannya, bahkan sampai diadakan sebuah kejuaraan sepak bola dunia, atau yang kerap disebut dengan nama Piala Dunia. Sebelumnya blog Pintar Sekolah sudah memberikan informasi seputar pengertian dan sejarah lengkap olahraga sepak bola, sekarang blog Pintar Sekolah akan menjelaskan masing-masing posisi pemain yang ada didalam permainan sepak bola.


Macam-Macam Posisi Pemain Sepak Bola Pintar Sekolah

Sepak bola adalah cabang olahraga yang terdiri dari 2 tim dimana masing-masing tim memiliki 11 pemain dan beberapa pemain cadangan. Tim yang berhasil menciptakan gol paling banyak ke gawang laman sampai permainan berakhir adalah pemenangnya.

Dari 11 pemain dalam 1 tim, ada berbagai macam posisi yang harus diisi agar sebuah keseimbangan dalam tim dapat dicapai dan kerjama sama dari tim tersebut bisa tercipta. Lalu, apa sajakah masing-masing posisi pemain sepak bola?

Posisi Pemain Sepak Bola


Berikut ini semua posisi pemain dalam permainan sepak bola yang blog Pintar Sekolah dapatkan dari situs wikipedia.

Penjaga Gawang atau Goalkeeper


Posisi yang pertama yang ada pada olahraga sepak bola adalah penjaga gawang atau yang biasa disebut goalkeeper. Seorang penjaga gawang memiliki posisi tepat didepan gawang yang dijaganya.

Biasanya, seorang pemain dengan posisi sebagai penjaga gawang memiliki nomor punggung 1. Penjaga gawang menjadi palang pintu terakhir sebelum lawan mencetak gol ke gawang tim. Jadi, diperlukan beberapa kemampuan khusus untuk menjadi seorang penjaga gawang yang handal.

Pada umumnya, tinggi seorang penjaga gawang relatif lebih tinggi daripada pemain lainnya, ini berguna untuk menangkap bola jika arah bola menuju ke atas gawang yang dijaga. Nyali yang besar dan mental yang tidak takut terkena tendangan lawan masih belum cukup untuk menjaga gawang tetap aman. Setidaknya ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi penjaga gawang hebat, seperti :
  • Refleks yang baik
  • Insting terhadap gerakan dan serangan lawan
  • Kecepatan
  • Postur tubuh ideal
  • Bakat
Refleks yang baik berguna agar seorang penjaga gawang selalu siap siaga dan cekatan dalam menangkap setiap bola yang menuju ke arah gawang. Selain itu, insting terhadap gerakan dan serangan lawan juga sangat berguna, ketika penjaga gawang sudah berhadapan satu lawan satu dengan musuh maka instingnya perlu ditingkatkan agar bisa menebak dan mencegah tendangan yang akan dilakukan oleh sang lawan.

Bek atau Defender


Bek atau defender adalah posisi bagi para pemain yang bertugas untuk menjaga area pertahanan serta membantuk penjaga gawang agar tidak terjadi gol. Posisi bek sendiri dibagi menjadi 3 macam, berikut penjelasannya.

Bek Tengah


Bek tengah atau yang biasa dipanggil dengan sebutan center back adalah pemain yang memiliki posisi di jantung pertahanan dan berada tepat didepan seorang penjaga gawang. Selain itu, bek tengah juga berperan seperti tameng seorang penjaga gawang.

Jika lawan melakukan counter attack atau serangan balik dan bek sayap terlambat untuk kembali, maka masih ada bek tengah yang menjaga sektor pertahanan. Dalam beberapa tim sepak bola, pemain bek tengah yang bagus adalah mereka yang memiliki badan kuat atau besar dan mempunyai tinggi badan relatif diatas rata-rata juga.

Dalam beberapa kasus pada saat tendangan sudut, bek tengah sering maju untuk melakukan sundulan dan membantu penyerangan. Contohnya adalah bek sekaligus kapten tim sepak bola asal Spanyol Real Madrid, Sergio Ramos.

Bek Sayap


Bek sayap adalah bek yang bertugas untuk menjaga pertahanan di area sayap atau samping. Selain itu, mereka juga sering membantu penyerangan dalam sektor sayap dan memberikan umpan-umpan seperti crossing.

Umumnya, kemampuan khusus yang harus dimiliki seorang bek sayap adalah kecepatan lari yang diatas rata-rata karena ketika mereka menyerang lalu lawan melakukan serangan balik, maka bek sayap harus segera kembali ke area pertahanannya.

Sweeper


Posisi sweeper mungkin jarang ditemukan, namun masih ada beberapa tim sepak bola yang menggunakan posisi ini untuk 1 pemainnya.

Sweeper atau penyapu adalah bek terakhir yang harus dilalui oleh seorang penyerang lawan, posisinya tepat didepan penjaga gawang dan dibelakang bek tengah.

Tugasnya adalah menyapu bola yang akan dilesakkan menuju gawang dan menghadang semua penyerang lawan, umumnya seorang sweeper tidak akan membantu penyerangan dan tetap fokus menjaga area pertahanan.

Gelandang atau Pemain Tengah


Gelandang atau pemain tengah adalah pemain yang memiliki posisi ditengah-tengah lapangan, lebih tepatnya diantara para pemain belakang dan para penyerang,

Mereka memiliki berbagai macam tugas seperti mendapatkan bola dan menguasainya, membantu penyerangan, mengumpan bola kepada striker dan masih banyak yang lainnya. Biasanya, gelandang adalah pemain yang paling banyak menghabiskan tenaga atau stamina dikarenakan jarak tempuh bermain mereka yang paling luas.

Baca Juga
Kebanyakan dari mereka memiliki kemampuan khusus seperti penendang tendangan bebas, seorang playmaker dan beberapa dari mereka juga memiliki peran penting seperti menjadi seorang pemain kunci. Dan penyumbang assist terbesar biasanya adalah seorang gelandang.

Namun, gelandang juga memiliki beberapa posisi lainnya, diantaranya gelandang bertahan, gelandang tengah, gelandang sayap dan gelandang serang.

Gelandang Bertahan


Gelandang bertahan biasa juga disebut sebagai seorang pengangkut air karena posisinya yang lebih kebelakang dibandingkan gelandang lainnya.

Tugasnya adalah membangun penyerangan pertama dan gelandang bertahan adalah pemain yang pertama menghadang serang balik dari lawan,

Gelandang Tengah


Gelandang tengah biasanya gelandang yang memiliki penguasaan dan kontrol bola yang paling baik. Mereka bertugas untuk mengatur ritme permainan dan membuka ruang untuk membantu penyerangan.

Gelandang Sayap


Gelandang sayap biasa juga disebut winger. Mereka bertugas untuk membantu penyerangan dari sektor sayap dan sewaktu-waktu juga membantu pertahanan apabila dibutuhkan

Umumnya, para gelandang sayap memiliki kemampuan lari yang sangat cepat dan kemampuan dribble yang cukup baik.

Gelandang Serang


Gelandang serang bertugas untuk selalu membantu penyerangan dan posisi mereka tepat dibelakang striker. Mereka harus mengumpan bola secara matang agar bisa dimaksimalkan oleh para penyerang. Tak jarang juga dari mereka yang sering mencetak gol karena kemampuannya tersendiri.

Penyerang atau Striker


Penyerang atau istilah kerennya striker adalah para pemain yang paling dekat dengan gawang lawan. Tugas utama mereka adalah untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Untuk menjadi seorang penyerang yang handal setidaknya dibutuhkan teknik atau skill yang mumpuni, konsentrasi yang tajam dan kemampuan untuk menendang bola.

Setidaknya ada 3 macam penyerang yang sering ditemui pada sebuah tim sepak bola.

Penyerang Bayangan


Penyerang bayangan berada tepat didepan para pemain gelandang dan dibelakang penyerang murni. Tugasnya adalah untuk menjadi cadangan atau bayangan seorang penyerang murni.

Selain menerima umpan dari para pemain belakang, penyerang bayangan juga bertugas untuk memberikan umpan kepada penyerang murni dan mengupayakan agar sebuah gol bisa terjadi.

Penyerang Sayap


Penyerang sayap berada di sektor sayap pertahanan lawan. Tugas mereka adalah untuk membantu penyerangan dan mencetak gol dari area sayap.

Biasanya mereka akan mengumpan bola kepada penyerang murni dan membantu membuka ruang agar penyerang murni bisa menciptakan gol.

Penyerang Murni


Penyerang murni adalah posisi terakhir yang ada pada permainan atau olahraga sepak bola. Seorang penyerang murni adalah pemain utama dalam tim yang bertugas hanya untuk mencetak gol. Biasanya dia akan menerima umpan dari para penyerang lainnya atau pemain gelandang dan melakukan finishing baik melalui tendangan maupun tandukan kepalanya.

Nah, itu lah macam-macam posisi pemain yang ada di cabang olahraga sepak bola. Mungkin masih banyak lagi posisi-posisi lainnya, tapi diatas adalah posisi yang paling umum. Jadi, apa posisi kamu ketika bermain bola?

Nantikan artikel menarik lainnya tentang Olahraga hanya di blog Pintar Sekolah. Mohon dikoreksi jika ada yang salah dan jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu.

Seorang siswa dari XI RPL 1 dan bersekolah di SMKN 1 Karawang. Hobi menulis dan sangat menggemari dunia web development, internet dan desain.

4 komentar

Olahraga yang termasuk hobi saya juga dibahas disini, klo saya biasanya dibagian striker

Wuih jago dong ya gan jadi striker, apalah saya yang cuma bek setia mendampingi kiper dibelakang wkwk :D

Nice info gan, oh ya kalo bisa kasih spesifiknya dong,maksudnya setiap posisi apa saja ciri khas pemain dan yang harus dikuasai

Terima kasih atas request nya mas, mungkin akan saya masukkan untuk artikel selanjutnya tentang sepak bola. Tunggu saja ya :D

Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain
EmoticonEmoticon