Persiapan Masuk Jurusan RPL

Tags

Selamat datang di blog Pintar Sekolah yang membahas berbagai macam informasi menarik seputar mata pelajaran yang ada di sekolah. Namun, pada artikel kali ini kita tidak akan membahas tentang mata pelajaran terlebih dahulu. Saya rasa membaca artikel tentang mata pelajaran dan belajar secara terus menerus tanpa diselingi info menarik lainnya akan membuat kita jenuh, benar bukan? Oleh karena itu khusus artikel kali ini kita akan membahas tentang jurusan saya, yaitu jurusan RPL.


Persiapan Masuk Jurusan RPL Pintar Sekolah

Mungkin artikel ini lebih dikhususkan untuk kamu yang baru saja lulus dari SMP dan ingin melanjutkan ke jenjang selanjutnya, yaitu SMA atau SMK. Nah bagi kamu yang menaruh minat besar dalam bidang IT atau komputer dan ingin melanjutkan ke SMK, kamu harus mengetahui terlebih dahulu jurusan apa saja yang berkaitan dengan IT.

Biasanya, TKJ adalah sebuah jurusan di SMK yang paling terkenal dengan istilah "jurusan komputer", tetapi tahukah kamu bahwa masih ada lagi jurusan yang berkaitan dengan komputer selain TKJ, yaitu seperti RPL dan MM.

Sebelum memasuki inti artikel tentang persiapan masuk jurusan RPL, saya akan menjelaskan satu per satu terlebih dahulu ketiga jurusan di SMK yang berkaitan dengan komputer agar kamu paham dan bisa membedakannya.

1. RPL


Jurusan pertama yang akan saya jelaskan adalah jurusan saya sendiri karena lebih mudah untuk saya jelaskan, yaitu RPL. RPL adalah singkatan dari Rekayasa Perangkat Lunak. Dalam jurusan RPL, tujuan utama kamu sebagai siswanya yaitu membuat software, aplikasi atau program dan membuat web.

Bagi kamu yang sangat suka berada didepan komputer atau laptop seperti saya, maka jurusan ini cocok sekali. Tetapi, walaupun tujuan utamanya untuk membuat software, pada kelas sepuluh kamu juga akan mempelajari hardware terlebih dahulu walaupun hanya dasarnya saja karena RPL juga jurusan yang berkaitan dengan komputer.

Barulah pada saat kamu naik kelas sebelas, beberapa pelajaran hardware ada yang dihilangkan seperti perakitan komputer dan kamu akan lebih difokuskan lagi untuk mempelajari bagaimana cara pembuatan software dan web.

Dan pada kelas dua belas, kamu akan diminta untuk membuat sebuah software atau web sebagai hasil pembuktian kamu bahwa kamu belajar dengan baik pada saat kelas sepuluh dan sebelasnya.

2. TKJ


TKJ atau singkatan dari Teknik Komputer Jaringan adalah jurusan komputer yang paling banyak ditemukan di SMK. TKJ berbeda dengan RPL. Jika tujuan utama RPL adalah membuat software dan web, maka di TKJ tujuan utamanya adalah merakit PC atau komputer dan membuat serta mengamankan sebuah jaringan.

Jika RPL lebih mempelajari softwarenya, maka TKJ lebih mempelajari hardwarenya. Tetapi walaupun begitu, sama halnya seperti di RPL, pada kelas sepuluh TKJ juga mempelajari dasar-dasar pemrograman.

3. MM


MM atau singkatan dari Multi Media adalah jurusan yang jarang ditemui, di sekolah saya, SMKN 1 Karawang juga tidak ada jurusan MM. Namun, bukan berarti jurusan MM ini tidak bagus, melainkan mungkin tidak ada sarana dan guru pembelajarnya jadi jarang ada SMK yang mempunyai jurusan ini.

Karena saya tidak terlalu mengetahui jurusan MM, mungkin hanya sedikit saja yang bisa saya jelaskan. Di jurusan ini, kamu lebih mempelajari tentang animasi, desain dan pembuatan film. Kamu akan belajar bagaimana cara mengambil gambar yang bagus, mendesain sebuah foto atau poster dan merekam video dengan baik dan benar.

Nah itulah 3 perbedaan jurusan yang berkaitan dengan komputer yang ada di SMK.

Sekarang, karena kamu sudah mengetahui perbedaannya, mari kita menuju pembahasan inti dari artikel ini. Sebelumnya, saya ucapkan.
Selamat! bagi kamu yang telah diterima di jurusan RPL!
Apa saja hal yang sudah kamu persiapkan untuk belajar di jurusan RPL? Pada jurusan RPL, ada beberapa hal khusus yang harus kamu persiapkan mulai dari sekarang disamping buku baru dan peralatan sekolah. Hal apa sajakah itu? Silahkan disimak baik-baik penjelasan dibawah.

Persiapan Masuk Jurusan RPL


Sebelumnya, apa yang sudah kamu ketahui tentang jurusan RPL? Apakah kamu hanya mengetahui bahwa di jurusan ini kamu akan belajar bagaimana cara membuat sebuah software? Jika hanya itu yang kamu ketahui maka masih banyak hal lain yang harus kamu ketahui juga, berikut ini hal-hal yang harus dipersiapkan untuk masuk di jurusan RPL.
Baca Juga

Laptop


Ya, laptop adalah senjata para siswa RPL. Karena tujuan kita adalah membuat perangkat lunak dan sebuah website, tentu kita membutuhkan sebuah komputer atau laptop. Biasanya, kamu diharuskan untuk mempunyai laptop sendiri. Karena dengan menggunakan laptop sendiri maka kamu bisa lebih bebas untuk menyimpan berbagai macam data sekolah atau tugas kamu.

Tetapi, jika kamu belum mempunyai laptop biasanya sekolah menyediakan laptop untuk dipinjamkan sampai kamu mempunyai laptop sendiri. Lalu, laptop dengan spesifikasi apa yang harus dimiliki oleh seorang siswa RPL?

Dulu, pada saat masih kelas sepuluh, saya menggunakan laptop ASUS X453MA yang sudah saya miliki sejak SMP. Spesifikasinya pun masih pas-pasan, hanya bermodalkan prosesor Intel Celeron dan RAM berkapasitas 2 GB. Yang saya rasakan pada saat menggunakan laptop tersebut adalah kurang bertenaga. Karena, dalam jurusan RPL kamu diharuskan menginstall beberapa software sebagai sarana pembelajaran seperti text editor untuk ngoding, lalu ada blender untuk mata pelajaran simulasi digital.

Dengan spesifikasi pas-pasan tersebut tentu saya sangat tidak nyaman, apalagi jika pada saat mengerjakan tugas berat laptop saya langsung ngehang. Namun, alhamdulillah sekarang sudah ada penggantinya.

Laptop yang saya rekomendasikan untuk kamu sebagai siswa baru di jurusan RPL, setidaknya memiliki prosesor Intel Core i3 atau AMD A4 dan jika kamu ingin mengerjakan tugas dengan cepat dan mengerjakan berbagai macam tugas atau multi-tasking maka laptop dengan RAM 4 GB juga sudah cukup.

Dasar HTML dan CSS


Karena RPL fokus untuk membuat software dan web, setidaknya sejak sekarang kamu harus tahu terlebih dahulu dasar-dasar dari bahasa pemrograman yang akan nanti dipelajari.

Pada kelas sepuluh, kamu akan belajar dengan HTML, CSS atau bahkan Javascript. Jadi, sejak sekarang kamu lebih baik untuk mengenal HTML dan CSS terlebih dahulu agar pada saat di sekolah nanti kamu tidak akan kaget dan sudah bersahabat dengan kode-kode semacamnya.

Mental Yang Kuat dan Rasa Tanggung Jawab


Selanjutnya yang harus kamu persiapkan dari sekarang adalah mental yang kuat dan rasa tanggung jawab. Mengapa hal tersebut juga harus dipersiapkan?

Kadang ketika kamu diberikan tugas untuk membuat sebuah proyek tetapi materi yang baru kamu pelajari masih sedikit, tentu kamu harus memiliki mental yang kuat agar proyek tersebut bisa selesai dan dengan rasa tanggung jawab maka tugas kamu juga pasti akan diberikan nilai bagus.

Siap Begadang Jika Darurat


Nah hal ketiga ini mungkin bersifat kadang-kadang. Karena, pada saat kamu diberikan sebuah PR untuk membuat sesuatu seperti web atau semacamnya dan durasi waktu yang diberikan sangat singkat sementara kode yang harus kamu tuliskan sangat banyak, maka tentu tidak ada pilihan lain selain begadang untuk mengerjakannya.

Tetapi, jangan khawatir karena tidak setiap hari kamu harus begadang, hanya kadang-kadang saja.

Rasa Ingin Tahu Yang Besar


Dan hal terakhir yang harus kamu persiapkan untuk masuk ke jurusan RPL adalah rasa ingin tahu yang besar. Karena, di sekolah saya guru hanya memberikan materi dasar tanpa diberikan contohnya. Jadi, kita diharuskan untuk berpikir sekreatif mungkin merangkai kode yang diberikan.

Dengan memiliki rasa ingin tahu yang besar mungkin kamu juga akan menguasai materi yang bahkan disekolah masih belum dipelajari.

Nah, mungkin hanya itu saja hal-hal yang harus kamu persiapkan untuk masuk jurusan RPL. Pada artikel selanjutnya tentang RPL saya akan menjelaskan berbagai macam mata pelajaran yang ada. Jadi tunggus saja ya.

Nantikan artikel menarik lainnya tentang RPL hanya di blog Pintar Sekolah. Mohon dikoreksi jika ada yang salah dan jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu.

Seorang siswa dari XI RPL 1 dan bersekolah di SMKN 1 Karawang. Hobi menulis dan sangat menggemari dunia web development, internet dan desain.

8 komentar

Artikelnya sangat membantu, ditunggu artikel selanjutnya kang anas

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar, nanti akan ada artikel menarik lainnya tentang RPL hanya di blog Pintar Sekolah :D

Dan persiapannya Juga buat.....
Dapetin bahasa yang aneh-aneh dan dijamin pusing 7keliling :D

Ane sebetulnya sangat ingin masuk ke jurusan RPL, karena rasa ingin tahu yang besar seperti yang dijelaskan, namun orang tua meminta untuk masuk jurusan IPA di SMA, yaa apa boleh buat hehehe...

Iya gan, kalo udah keinginan orang tau apa boleh buat :D

Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain
EmoticonEmoticon