Sunday, July 16, 2017

Perbedaan Jurusan TKJ, RPL dan MM di SMK

Tags

Pada artikel sebeleumnya tentang RPL saya sudah menjelaskan segala hal yang harus diperhatikan dan kamu persiapkan untuk masuk jurusan RPL. Pada artikel tersebut, saya sempat menyinggung ketiga jurusan terkait komputer yang ada di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Walapun saya sudah menjelaskan sedikit perbedaannya tapi saya rasa masih kurang jelas. Jadi, pada artikel ini saya tertarik untuk memperjelas lagi perbedaan antara jurusan TKJ, RPL dan MM.

Perbedaan Jurusan TKJ, RPL dan MM di SMK Pintar Sekolah

Jurusan komputer atau jurusan yang termasuk kedalam bidang IT pada jenjang sekolah SMK bukan hanya satu seperti yang sudah terkenal pada umumnya. Biasanya, orang-orang dulu atau orang awam hanya mengenal satu jurusan yang membahas tentang komputer di sekolah, dan biasanya jurusan yang dimaksud tersebut adalah TKJ atau Teknik Komputer dan Jaringan.

Padahal, seperti yang kita ketahui bahwa pada sebuah komputer terdiri dari berbagai macam piranti atau perangkat dan didalamnya juga terdapat banyak sekali perintah-perintah yang bisa dimanfaatkan untuk membuat sesuatu yang mengagumkan.

Nah, karena banyak sekali komponen-komponen yang ada didalam satu komputer tersebut dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempelajarinya satu per satu, maka jurusan yang mempalajari ilmu komputer kemudian dipecah atau dibagi menjadi beberapa bagian sehingga masing-masing jurusan tentang komputer bisa fokus dalam masing-masing komponennya saja.

Tentu dengan begini siswa tidak akan terlalu dibuat pusing. Coba kamu bayangkan saja jika satu orang siswa dipaksa untuk bisa merakit sebuah komputer, lalu membuat software untuk komputer tersebut dan menggunakan software lain serta menghasilkan sesuatu dari software tersebut. Pasti sulit bukan?

Beberapa jurusan ilmu komputer yang saya maksud diatas adalah jurusan komputer yang sekarang bisa kamu temui di beberapa sekolah SMK yang ada di Indonesia, yaitu jurusan TKJ, RPL dan MM.

Namun, tidak semua SMK yang ada di Indonesia menyediakan ketiga jurusan tentang komputer tersebut mengingat bahwa menemukan pengajar yang ahli dalam bidang-bidang komputer tersebut masih sangat sedikit. Mungkin di SMK A, kamu akan menemukan jurusan TKJ dan RPL, tetapi kamu tidak menemukan kedua jurusan itu di SMK B dan hanya menemukan jurusan MM.

Baiklah, mari kita masuk ke inti pembahasan pada artikel kali ini, yaitu perbedaan dari ketiga jurusan yang berkaitan dengan komputer yang ada di SMK.

1. TKJ (Teknik Komputer Jaringan)


Jurusan komputer pertama yang akan kita bahas adalah jurusan komputer yang paling sering ditemukan di SMK, yaitu TKJ atau Teknik Komputer Jaringan.

Karena saking populernya, jika ada yang bertanya tentang jurusan komputer di SMK, maka jurusan TKJ adalah jurusan pertama yang ada dipikiran.

Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari bagaimana cara-cara merakit sebuah komputer, membuat jaringan, menginstall sistem operasi, lalu membuat jaringan internet, mengelola sebuah web server atau bahkan mengelola sebuah jaringan.

Pada kelas sepuluh, kamu akan mempelajari dasar-dasar dari pembuatan jaringan dan perakitan komputer. Selain itu kamu juga akan belajar beberapa bahasa markah/markup seperti HTML layaknya jurusan RPL. Barulah pada kelas sebelas dan duabelas kamu akan lebih fokus dalam pembelajaran jaringan.

Dalam pembelajarannya, dulu TKJ lebih condong ke hardware atau perangkat keras komputer daripada software atau perangkat lunaknya. Hardware yang dimaksud disini adalah perangkat keras komputer dan beberapa perangkat untuk membuat jaringan.

Tetapi, sejak munculnya kurikulum 2013, maka pembelajaran hardware dikurangi dimana secara keseluruhannya adalah pembelajaran software sebesar 60% sementara pembelajaran hardware hanya 40%. Namun, perlu diketahui bahwa software yang dipelajari pada jurusan TKJ berbeda dengan jurusan RPL. Software yang dimaksud adalah software-software atau aplikasi seputar jaringan.

Dalam dunia kerjanya, TKJ juga sering dicari perusahaan untuk mengelola keamanan server contohnya atau memaintenance sebuah jaringan.

2. RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)


Jurusan komputer kedua yang akan kita bahas sekarang adalah jurusan RPL atau singkatan dari Rekayasa Perangkat Lunak.

Jurusan RPL bisa disebut sebagai saudara dari jurusan TKJ. Jika jurusan TKJ belajar bagaimana cara merakit komputer yang baik dan benar dan bagaimana membuat sebuah jaringan komputer, maka RPL lebih ke pembelajaran software atau perangkat lunak yang ada didalam sebuah komputer.
Baca Juga
Seperti namanya, tujuan utama bagi siswa jurusan RPL adalah berhasil membuat setidaknya 1 program aplikasi komputer menggunakan bahasa pemrograman. Selain itu, siswa RPL juga diwajibkan untuk bisa membuat sebuah website. Itu adalah hal yang ada di jurusan RPL di SMKN 1 Karawang, tempat saya sekolah. Tapi saya tidak tahu apa tujuan utama dari jurusan RPL di sekolah lain, yang jelas pasti tidak akan beda jauh.

Pada kelas sepuluh kamu tidak akan belajar banyak tentang bahasa pemrograman dan lebih ke pembelajaran berbagai macam pengertian atau istilah dan sejarah komputer atau bahasa pemrograman. Kamu hanya akan belajar bahasa markah seperti HTML dan beberapa struktur bahasa lainnya seperti CSS dan Javascript untuk membuat sebuah website statis sederhana. Tetapi, layaknya jurusan TKJ yang mempelajari jurusan RPL, siswa RPL juga akan belajar bagaimana cara menginstall sistem operasi, merakit komputer dan membuat jaringan pada tahun pertama ini.

Selain itu kamu juga akan bertemu dengan yang namanya algoritma. Fungsinya adalah agar kamu bisa membuat sebuah program dengan benar berdasarkan logika. Agar kamu lebih paham tentang konsep dasar algoritma ini akan saya buatkan artikelnya dimasa yang akan datang, tunggu saja ya.

Pada kelas sebelas, barulah kamu akan lebih fokus untuk mempelajari bahasa pemrograman untuk membuat software dan website seperti PHP. Sekarang ini saya baru saja naik kelas sebelas, jadi mohon maaf bila pengetahuan mengenai bahasa pemrograman saya masih sedikit.

Dan pada kelas duabelas kamu diharuskan untuk membuat sebuah website dinamis atau software yang sudah siap untuk digunakan.

Dalam dunia kerja, seorang siswa lulusan RPL biasanya banyak yang menjadi programmer dimana gaji rata-rata programmer cukup menggiurkan, yaitu sekitar Rp.4.000.000 - Rp.8.000.000. Saya tidak tahu pastinya, tapi mungkin angka tersebut bisa mewakili rata-ratanya. Selain menjadi programmer kamu juga bisa menjadi seorang web developer jika kamu lebih memiliki minat dibidang website design dan website development seperti saya.

3. MM (MultiMedia)


Dan jurusan tentang komputer yang terakhir adalah MM atau singkatan dari MultiMedia. Jurusan ini cukup jarang ditemui sekarang pada beberapa SMK walaupun umurnya lebih tua dari jurusan RPL.

Dalam jurusan MM, kamu akan belajar memanfaatkan dan menggunakan beberapa software terkait desain grafis atau desain lainnya seperti CorelDRAW, Adobe Photoshop, Sony Vegas Pro atau beberapa software lainnya.

Dalam pembelajarannya, kamu akan menggunakan beberapa sarana atau media lain yang bisa menghasilkan sesuatu. Contohnya jika kamu menggunakan software desain grafis maka kamu harus bisa membuat sebuah desain grafis.

Mungkin garis besarnya seperti penjelasan diatas mengenai jurusan MM. Saya mendapatkan dua pengertian multimedia dari internet agar kamu bisa lebih memahaminya lagi, dua pengertian tersebut adalah :

1. Multimedia secara umum, merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormic. 1996).
2. Multimedia dalam ilmu pengetahuan mencakup beberapa aspek yang saling bersinergi antara teks, grafik, gambar statis, animasi, film dan suara (William Ditto. 2006).

Karena jurusan MM tidak ada di SMK 1 Karawang, jadi saya tidak tahu mengenai jurusan ini lebih lanjut. Kamu bisa menanyakan ke teman kamu yang berada di jurusan ini atau mencari informasi lebih lanjut ke sekolah yang memiliki jurusan ini.

TKJ vs RPL vs MM, Mana Yang Paling Bagus?


Nah, jika kamu sudah mengetahui semua pengertian dan perbedaan dari masing-masing ketiga jurusan yang berkaitan tentang komputer yang ada di SMK, pasti muncul sebuah pertanyaan, lalu mana yang terbaik diantara TKJ, RPL dan MM?

Baiklah, jurusan yang ada di SMK ini semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu harus memilih 1 jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Jika kamu lebih berminat untuk TKJ maka silahkan pilih jurusan TKJ. Jika kamu ingin mengetahui dan mempelajari lebih lanjut tentang software, maka pilih RPL dan jika kamu memiliki jiwa seorang seniman, kamu bisa memilih jurusan MM.

Namun, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa masing-masing jurusan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika dicontohkan, seorang siswa yang berada di jurusan TKJ mungkin bisa membuat sebuah jaringan, tapi mereka kemungkinan besar tidak bisa membuat sebuah software, Begitupun sebaliknya. Walaupun ada beberapa siswa yang ahli dan bisa membuat dua-duanya.

Semua jurusan itu bagus dan tidak ada jurusan yang jelek, jadi pilihlah 1 jurusan yang sesuai dengan minat bakat, serta ketertarikan kamu.

Nantikan artikel menarik lainnya tentang RPL hanya di blog Pintar Sekolah. Mohon dikoreksi jika ada yang salah dan jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu.

Seorang siswa dari XI RPL 1 dan bersekolah di SMKN 1 Karawang. Hobi menulis dan sangat menggemari dunia web development, internet dan desain.

2 komentar

Wah Sangat Mendidik Nih, Oya Min, Request Dong... Pelajaran TIK Kelas 3 SMP hihi

Oke, dimasukkan dalam daftar request. Nanti artikelnya akan segera ditulis, tunggu saja ya :D

Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain
EmoticonEmoticon