Tuesday, July 25, 2017

Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Pidato

Mari kita belajar materi bahasa Indonesia pada artikel kali ini. Pada mata pelajaran bahasa Indonesia, sebelumnya saya sudah menjelaskan materi tentang pengertian teks berita dan beserta contoh teks beritanya. Sekarang kita akan belajar mengenai materi pidato.
Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Pidato Pintar Sekolah

Pada artikel kali ini blog Pintar Sekolah akan memberikan materi tentang pidato secara lengkap, mulai dari pengertian, tujuan, hingga fungsi pidatonya sendiri

Baiklah, mari kita awali pembelajaran hari ini dari pengertian pidato.

Pengertian Pidato


Apakah kamu pernah melihat atau sering melihat orang yang berdiri diatas sebuah podium lalu orang tersebut menyampaikan berbagai macam informasi dan gagasannya. Lalu, ada sekumpulan orang atau masyrakat yang menontonnya dan menyaksikannya.

Tahukah kamu apa itu? Itu adalah pidator. Secara lengkapnya, silahkan pahami pengertian pidato secara lengkap berikut ini.

Pidato adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk memberitahu sebuah gagasan melalui lisan didepan masyrakat umum.

Sementara berikut dibawah ini adalah pengertian pidato yang dikutip dari situs wikipedia.

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.

Pengertiannya hampir sama dan menurut wikipedia juga melalui pengertian diatas sudah dijelaskan bahwa materi pidato ini termasuk kedalam mata pelajaran bahasa Indonesia, jadi kita patut untuk mempelajarinya.

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa pidato merupakan suatu aktivitas yang dilakukan untuk menyampaikan gagasan, ide, atau mengungkapkan pikiran secara lisan, dan disampaikan melalui kalimat-kalimat dengan tujuan tertentu dikhalayak umum.

Selain itu, pidato juga bisa dilakukan untuk menyampaikan pendapat melalui sebuah orasi. Tak hanya pendapat saja, melalui pidato kita juga bisa menyampaikan pandangan kita terhadap suatu hal yang sedang ramai dibicarakan pada saat itu.

Pidato juga sangat berperan jika kamu ingin menyampaikan pesan kamu kepada pihak-pihak tertentu. Dengan pidato kamu bisa menyampaikan pesan kamu baik secara langsung maupun tidak langsung. Biasanya, pesan melalui pidato yang disampaikan secara langsung dapat beruba imbauan atau ajakan.

Sementara pesan yang disampaikan secara tidak langsung dalam sebuah pidato, isinya berada didalam kalimat-kalimat yang dinyatakan dan bersifat tersirat. Pidato juga sering disebut orasi. Sementara orang yang melakukan orasi ini disebut sebagai orator.

Begitulah pengertian dari kegiatan pidato atau orasi. Saya rasa kamu sudah cukup paham dengan penjelasan singkat diatas.

Tujuan Pidato


Pidato juga memiliki beberapa tujuan tertentu karena tentu saja orang tidak akan mau untuk melakukan pidato jika tidak memiliki sebuah tujuan yang jelas.

Lalu, apa saja tujuan dari berpidato ini? Berikut ini tujuan-tujuan pidato :
  1. Pidato bertujuan untuk menyampaikan informasi atau pesan kepada orang atau pihak lain yang sifatnya informatif atau memberikan informasi.
  2. Pidato bertujuan untuk meyakinkan pendengarnya terhadap argumen yang disampaikan oleh orang yang berpidato, tujuan ini sering juga disebut argumentatif.
  3. Pidato bertujuan untuk menghibur orang sehingga pendengar memiliki perasaan senang baik pada saat maupun setelah pidato. Pidato dengan tujuan ini biasa disebut dengan rekreatif.
  4. Pidato bertujuan untuk memberikan pengaruh atau ajakan kepada orang lain sehingga orang tersebut mau mengikuti kemauan orator. Pidato dengan tujuan ini sering disebut persuasif.

Baca Juga
Itu dia 4 tujuan pidato. Tujuan-tujuan pidato diatas tentu berbeda dan memiliki fungsinya masing-masing.

Bagian-Bagian Pidato


Setelah memahami tujuan pidato, sekarang kita mempelajari masing-masing bagian pada teks pidato. Berikut ini 3 bagian yang ada didalam sebuah pidato.
  1. Pembuka, pembuka dalam pidato berisi salam pembuka, sapaan kepada pendengar, ucapan syukur dan biasanya ada juga yang menyampaikan tujuan pidato atau konteksnya.
  2. Isi, bagian isi dalam pidato merupakan bagian utama dimana orang yang berpidato akan menyampaikan hal-hal yang menjadi pokok permasalahan serta akan menyampaikan hal-hal yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu.
  3. Penutup, dan ini adalah bagian terakhir dari pidato. Penutup dalam pidato berisi kesimpulan dari hal yang telah disampaikan, ajakan atau imbauan, permohonan maaf dan salam penutup.

Semua bagian diatas harus ada dalam sebuah pidato yang dilakukan didepan banyak orang atau umum. Tanpa ada ketiga bagian diatas maka pidato yang dilakukan tentu bukan pidato yang sah atau bahkan tidak dapat dikatakan sebagai sebuah pidato.

Ciri-Ciri Pidato Yang Baik


Tetapi, tidak semua pidato merupakan pidato yang baik. Sebuah pidato yang baik memiliki beberapa ciri khusus atau ciri khas.

Berikut dibawah ini merupakan ciri-ciri pidato yang baik.
  1. Pidato disampaikan dengan tujuan yang jelas.
  2. Isi dalam pidato yang disampaikan harus memiliki kebenaran atau fakta.
  3. Cara menyampaikan pidato haruslah sesuai dengan kondisi yang dialami oleh pendengarnya.
  4. Pidato harus disampaikan dengan jelas dan menarik. Tujuannya agar pendengar merasa senang dan tertarik untuk mendengarkan pidato yang akan disampaikan.
  5. Mampu menciptakan sebuah klimaks atau puncak dalam pidato atau penutupnya dengan beberapa uraian penting.
  6. Pidato yang disampaikan sebaiknya mengandung wawasan atau pengetahuan baru sehingga pembaca tertarik untuk menyimaknya dari awal hingga akhir.

Nah itulah 6 ciri-ciri pidato yang baik.

Fungsi Pidato


Pidato juga memiliki fungsi-fungsinya dan alasan mengapa pidato tersebut harus disampaikan. Berikut ini beberapa fungsi dari sebuah pidato.
  1. Mempermudah sebuah komunikasi antara seorang atasan dengan pegawainya.
  2. Mempermudah sebuah komunikasi antara sesama anggota organisasi.
  3. Menciptakan suasana yang kondusif karena hanya 1 orang saya yang berbicara dan berorasi.

Setidaknya ada 4 fungsi utama pidato.

Baiklah, saya rasa materi tentang pidato pada artikel ini. Selanjutnya saya juga akan menjelaskan tentang metode-metode dalam menyampaikan sebuah pidato, langkah-langkah atau cara membuat pidato dan contoh pidato singkat yang baik.

Nantikan artikel menarik lainnya tentang Bahasa Indonesia hanya di blog Pintar Sekolah. Mohon dikoreksi jika ada yang salah dan jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu.

Seorang siswa dari XI RPL 1 dan bersekolah di SMKN 1 Karawang. Hobi menulis dan sangat menggemari dunia web development, internet dan desain.

2 komentar

Pidato memang juga sering digunakan dalam acara acara penting seperti acara kepresidenan , dll

Betul sekali, biasanya dalam beberapa acara resmi juga diselipkan pidato :D

Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain
EmoticonEmoticon