Pengertian, Rumus, Ciri-Ciri dan Contoh Passive Voice

Pada kali ini kita akan belajar mengenai mata pelajaran Bahasa Inggris. Sebelumnya, pada artikel terbaru di blog Pintar Sekolah kita sudah pernah membahas tentang sejarah peristiwa Bandung lautan api dan artikel tersebut cocok sekali bagi kamu yang sedang belajar sejarah. Untuk mata pelajaran Bahasa Inggris kali ini kita akan belajar tentang kalimat pasif pada Bahasa Inggris yang biasa disebut Passive Voice.
Pengertian, Rumus, Ciri-Ciri dan Contoh Passive Voice Pintar Sekolah

Sebelum mempelajari materi ini, kamu bisa mempelajari materi Bahasa Inggris sebelumnya seputar simple present tense dimana tense itu bisa digunakan untuk mengungkapkan sebuah kejadian yang terulang setiap hari atau sebuah kebiasaan. Jangan lupa juga untuk mempelajari materi simple past tense dan simple future tense.

Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, kamu pasti tahukan apa yang dimaksud dengan kalimat aktif dan kalimat pasif. Maka, pada mata pelajaran Bahasa Inggris ada juga jenis kalimat aktif dan pasif. Maka pada artikel kali ini kita akan mempelajari kalimat pasif pada Bahasa Inggris atau yang biasa disebut dengan sebutan Passive Voice.

Kebetulan karena sekarang sudah masuk sekolah dan kegiatan belajar mengajar sudah rutin dilakukan seperti biasa, jadi saya tidak bisa update setiap hari karena berbagai macam kesibukan lainnya. Dan 2 hari yang lalu saya mendapatkan materi Passive Voice di kelas saya.

Oleh karena itulah saya tertarik untuk membagikan materi tersebut mulai dari pengertian, rumus, ciri-ciri hingga contohnya.

Pengertian Passive Voice


Pada awal artikel ini saya sudah menjelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan passive voice, yaitu sebuah jenis kalimat pasif pada Bahasa Inggris.

Secara lengkapnya, berikut dibawah ini pengertian passive voice.

Passive Voice adalah sebuah jenis kalimat dimana subjek menerima aksi, bukan melakukan aksi. Tidak seperti active voice atau kalimat aktif dimana subjek lebih difokuskan, kalimat passive voice lebih fokus kepada objek atau subjek yang menerima aksi.

Pengertian diatas saya rasa cukup sulit untuk dipahami. Agar kamu bisa lebih mengerti dan benar-benar menguasai materi passive voice ini tentunya kamu harus benar-benar paham dengan pengertiannya terlebih dahulu.

Secara sederhananya, kalimat passive voice membuat objek yang sebelumnya berada dibelakang kalimat dipindahkan kedepan kalimat dan subjeknya dipindahkan kebelakang kalimat.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan tabel dibawah ini.

Active VoicePassive Voice
She calls me everydayI am called by her everyday
They visited me yesterdayI am visited by them yesterday
We are reading a history book nowA history book is being read by us now

Silahkan kamu perhatikan ketiga kalimat diatas, ketiga kalimat diatas adalah kalimat aktif dan pasif atau active voice dan passive voice.
Baca Juga
Setelah kamu perhatikan, apa yang beda dari ketiga kalimat diatas pada masing-masing jenis kalimat? Pada kalimat aktif, terlihat dengan jelas bahwa subjek sedang melakukan aksi. Sementara pada kalimat pasif, subjek menerima aksi dari subjek yang lainnya.

Rumus Passive Voice Dalam Berbagai Macam Tense


Namun, masing-masing tense dalam Bahasa Inggris memiliki rumus masing-masing untuk passive voicenya. Dalam contoh tiga kalimat diatas, terdapat simple present tense pada kalimat pertama, lalu diikuti dengan simple past tense dan present continuous. Dan ketiga tense tersebut memiliki rumus-rumus yang berbeda.

Namun, sebagian besar rumus tersebut menggunakan Verb 3. Jadi, pastikan bahwa kamu mempelajari dan menghafal bentuk verb ke 3 agar kamu lebih mudah memahami materi passive voice ini.

Begitu juga untuk tense lainnya. Jadi, kamu harus mengetahui semua rumus passive voice untuk masing-masing tense pada Bahasa Inggris.

Berikut ini semua rumus passive voice pada masing-masing tense.

TenseRumusContoh
Simple Present TenseO + To Be + Verb 3I am called by her everyday
Simple Past TenseO + To Be + Verb 2English lesson was taken by me last year
Present Continuous TenseO + To Be + Being + Verb 3His house is being cleaned by him now
Past Continuous TenseO + To Be + Being + Verb 3That museum was being created by them
Present Perfect TenseO + To Be + Have/Has Been + Verb 3The match has been won by the team

Sebenarnya masih ada beberapa tense lagi dengan rumus yang berbeda untuk kalimat passive voicenya, namun saya masih belum menguasai tense yang lain. Jadi, masih belum bisa saya bagikan kepada yang lain. Artikel ini nanti akan saya update ketika saya sudah menguasai semua rumus passive voice untuk masing-masing voice.

Ciri-Ciri Kalimat Passive Voice


Kalimat passive voice juga memiliki beberapa ciri-ciri khusus yang menjadikannya berbeda dengan jenis kalimat lain pada Bahasa Inggris. Berikut ini beberapa ciri khusus pada kalimat passive voice.
  1. Adanya to be +  verb 3. Rata-rata atau kebanyakan tense menggunakan rumus ini untuk membuat sebuah passive voice, namun ini bukan merupakan syarat utama untuk membuat passive voice karena ada beberapa tense yang menggunakan verb 2 untuk membuat passive voice.
  2. Kalimat passive voice adalah kalimat yang mempunyai sebuah predikat atau verb.
  3. Verbal sentence atau kalimat yang bisa diubah ke passive voice adalah verbal sentence yang memiliki objek.

Itu dia 3 ciri-ciri pada kalimat passive voice. Apakah kamu mengetahui ciri-ciri lainnya? Silahkan beritahu di kolom komentar ya.

Contoh Kalimat Passive Voice


Dan seperti biasa, saya akan memberikan bonus contoh soal untuk kalimat passive voice pada artikel kali ini.

Berikut 5 contoh soal kalimat aktif yang harus diubah menjadi kalimat pasif (passive voice)
  1. He believes you
  2. They did the test
  3. My mother is making a cake
  4. She will hold a party
  5. The team has won the match

Dan berikut jawaban untuk 5 soal diatas.
  1. You are believed by him
  2. The test was done by them
  3. A cake is being made by my mother
  4. A party will be held by her
  5. The match has been won by the team

Itu dia materi kali ini tentang kalimat passive voice pada Bahasa Inggris mulai dari pengertian, rumus, ciri-ciri hingga contohnya.

Silahkan kamu buat soal-soal latihan lainnya agar kamu bisa lebih menguasai materi passive voice ini.

Nantikan artikel menarik lainnya tentang Bahasa Inggris hanya di blog Pintar Sekolah. Mohon dikoreksi jika ada yang salah dan jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu.

Seorang siswa dari XI RPL 1 dan bersekolah di SMKN 1 Karawang. Hobi menulis dan sangat menggemari dunia web development, internet dan desain.

17 komentar

mantap banget artikelnya bisa buat nambah ilmu

Terima kasih sudah berkunjung di artikel tentang passive voice ini ya :D

ini pelajaran kelas berapa ya gan? soalnya ane sekolah ga sampe tamat

Kelas XI gan, walaupun tidak sampai tamat semoga semangat belajarnya tidak pernah hilang ya :D

Hem... lumayan mengerti nih, tentang passive voice, ternyata untuk bahasa Inggris ya Mas...

wah mantap gan, kebetulan banget saya lagi belajar bahasa inggris, thanks untuk sharingnya....

Semoga setelah membaca artikel diatas jadi sudah bisa menguasai materi passive voice ini ya mas :D

Bermanfaat sekali mas, akhirnya tau..

Sama-sama gan, temukan artikel menarik lainnya tentang Bahasa Inggris hanya di blog Pintar Sekolah

Terima kasih sudah berkunjung jangan lupa share juga ya ke teman yang lain :D

wah bagus nih buat nambah-nambah ilmu :D

Sip gan, terima kasih ya sudah berkunjung :D

Terimakasih sedang butuh info ini.

Nah ini nih :) mantap, gampang dimengerti hihi

Terima kasih sudah berkunjung gan :D

Sama-sama :D Jangan lupa share juga artikel tentang passive voice ini ke teman kamu ya

Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain
EmoticonEmoticon