Mengenal Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)

Selamat datang di blog Pintar Sekolah yang setia memberikan berbagai macam materi atau mata pelajaran yang ada di sekolah hanya untuk kamu. Sekarang mari kita mempelajari mata pelajaran teknologi dan informasi, lebih tepatnya sekarang kita akan kembali belajar materi tentang jaringan, yaitu jaringan MAN atau Metropolitan Area Network.
Mengenal Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) Pintar Sekolah

Pada dua artikel sebelumnya kita sudah pernah membahas jenis jaringan lainnya yang mempunyai jarak yang lebih dekat atau lebih terbatas, yaitu jaringan LAN (Local Area Network) dan jaringan PAN (Personal Area Network).

Maka sekarang kita akan melanjutkan pembelajaran kita tentang jaringan dengan mempelajari tingkat jaringan yang memiliki jangkauan yang lebih luas lagi, jaringan tersebut adalah jaringan MAN.

Seperti artikel-artikel sebelumnya, kita akan membahas tuntas materi tentang jaringan MAN ini dari mulai pengertian, karakteristis, teknologi yang digunakan sampai kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)


Mengenal Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) Pintar Sekolah
Skema Jaringan MAN

Baiklah materi jaringan pada artikel ini yang pertama kita bahas adalah pengertiannya terlebih dahulu agar kamu bisa memahami jaringan MAN melalui pengertiannya secara luas.

Jaringan MAN atau singkatan dari Metropolitan Area Network adalah jaringan komputer yang berada di satu kota yang menghubungkan beberapa jaringan LAN (Local Area Network) dengan kecepatan transfer data yang tinggi.

Nah, dari pengertian MAN diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa jaringan MAN ini adalah satu jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan LAN.

Jaringan MAN memiliki jangkauan dari 5 km - 50 km. Dengan luasnya jaringan yang bisa dijangkau oleh jaringan MAN tersebut maka jaringan MAN biasanya terletak di kota seperti namanya, metropolitan.

Selain itu, jaringan MAN juga menghubungkan beberapa jaringan LAN seperti dari kampus, pemerintahan, universitas dan kantor. Sehingga semua jaringan-jaringan LAN yang ada di suatu kota bisa dengan mudah dihubungkan dengan menggunakan jaringan MAN ini.

Karena penggunaannya yang cukup rumit dan luas, maka jaringan MAN jarang sekali dipraktekan pembuatannya di sekolah. Biasanya kita hanya akan mempelajari teorinya saja di sekolah karena peralatan serta teknologi yang dibutuhkan untuk membuat jaringan MAN tidak sedikit.

Dalam artikel ini kita juga hanya akan mempelajari teori-teori dasarnya saja, jika kamu mempunyai rasa ingin tahu yang lebih mengenai jaringan MAN kamu bisa menanyakan tentang informasi lebih lanjutnya ke orang yang memang mengerti secara keseluruhan seperti guru jaringan kamu yang ada di sekolah.

Teknologi Yang Digunakan Pada Jaringan MAN


Cukup sederhana bukan pengertian dari jaringan MAN? Sekarang mari kita cari tahu dan kita pelajari teknologi yang digunakan dalam pembuatan jaringan MAN ini.
Baca Juga
Jaringan MAN sendiri sering diartikan sebagai jaringan yang mengcover sebuah kota. Dulu, rangkaian jaringan MAN dihubungkan dengan menggunakan kabel LAN untuk menghubungkan satu kantor dengan kantor lainnya yang jaraknya hanya beberapa km.

Namun, sekarang sudah ada teknologi baru yang dikenal dengan nama WIMAX. Peralatan wimax yang digunakan adalah pre-Wimax (IEEE 802.16) yang didesain dan dibuat dengan tujuan untuk membuat sebuah jaringan MAN wireless atau tanpa kabel.

Jaringan MAN wireless sendiri bisa digunakan pada beberapa frekuensi, antara lain frekuensi 900 MHz, 1.5 GHz, 2 GHz, 2.5 GHz, 3.3 GHz, 5.8 GHz. Dan pada saat ini, pemerintah Indonesia mengizinkan frekuensi 2.4 GHz yang bisa digunakan oleh masyrakat umum dan kemudian dibagi lagi menjadi beberapa channel.

Mungkin di negara-negara lain seperti negara di benua eropa penetapan frekuensi dan channel dalam jaringan MAN tidak sama seperti yang ada di negara kita ini.

Karakteristik Jaringan MAN


Seperti jaringan-jaringan komputer lainnya, jaringan MAN juga memiliki beberapa ciri atau karakteristik khusus.

Berikut dibawah ini adalah semua karakteristik yang dimiliki oleh sebuah jaringan MAN versi blog Pintar Sekolah.
  1. Area yang bisa dijangkau oleh jaringan MAN adalah seluar 5 km - 50 km dan biasanya digunakan di daerah perkotaan.
  2. Sebuah jaringan MAN umumnya tidak dimiliki oleh satu kelompok atau organisasi tertentu seperti jaringan LAN. Melainkan bisa dimiliki oleh satu orang pengguna atau penyedia layanan koneksi internet yang dijual kepada seorang atau sekelompok pengguna.
  3. Karena memiliki kecepatan transfer data yang cepat, maka jaringan MAN sering dimanfaatkan untuk berbagi berbagai informasi atau data dan kadang juga dihubungkan dengan beberapa jaringan lainnya.
  4. Jaringan MAN juga memiliki ukuran yang lebih besar namun ada beberapa jaringan MAN yang menggunakan teknologi yang sama seperti teknologi yang digunakan pada jaringan LAN.

Nah, itu dia 4 karakteristik jaringan MAN.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan MAN


Dan sebagai penutup dari artikel tentang mengenal jaringan MAN ini mari kita pelajari apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh sebuah jaringan MAN.

Kelebihan Jaringan MAN

  1. Server yang berada di kantor pusat dari sebuah jaringan MAN bisa berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang.
  2. Informasi atau transaksi yang real-time yang berarti data yang berada di server pusat diupdate setiap saat dan contohnya adalah cara kerja sebuah ATM bank.
  3. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail, chatting.
  4. Memungkinkan cabang kantor atau pengguna bisa saling berkomunikasi atau berdiskusi melalui video conference (ViCon).

Kekurangan Jaringan MAN


  1. Biaya pemasangan. pembuatan dan operasional yang cukup mahal.
  2. Instalasi infrastruktur yang cukup sulit.
  3. Rumit jika terjadi sebuah kesalahan atau masalah pada jaringan (network troubleshoot).

Itu dia materi lengkap dan informasi mengenai jaringan MAN atau Metropolitan Area Network. Pada artikel selanjutnya tentang jaringan kita akan mempelajari tingkat jaringan komputer yang paling luas, nantikan saja ya.

Nantikan artikel menarik lainnya tentang Teknologi Informasi hanya di blog Pintar Sekolah. Mohon dikoreksi jika ada yang salah dan jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu.

Seorang siswa dari XI RPL 1 dan bersekolah di SMKN 1 Karawang. Hobi menulis dan sangat menggemari dunia web development, internet dan desain.

17 komentar

Nah ini dia yang di cari cari pas bener ketemu terima kasih min.

cara setting jaringan MAN ini apakah sama dgn jaringan LAN?

Terima kasih sudah berkunjung ya gan, jangan lupa bagikan juga ke yang lain ya :D

Tentunya beda gan. Untuk pengaturan atau setting jaringan LAN lebih sederhana dan tidak terlalu rumit. Sementara untuk setting jaringan MAN cukup rumit dan membutuhkan ahli serta peralatan yang banyak, selain itu biaya operasional untuk pemasangannya juga cukup mahal

Pembahasan yang ane cari nih 😁

wah berarti kebetulan tuh, silahkan dibookmark saja agar bisa membaca dilain waktu :D

Keren sih kelebihannya cuman harganya juga keren gan hahahaa, btw memang nih man jarang banget ada praktek disekolah hehe

Betul gan hehe, makanya di sekolah jarang banget ada prakteknya :D

Ane anak tkj tapi belum pernah denger nih yg kyak gini, paling juga biasanya bahas WAN

Oh ternyata di jurusan TKJ jaringan MAN juga jarang dibahas ya, tenang saja pada artikel selanjutnya tentang jaringan kita juga akan belajar tentang jaringan WAN :D

mungkin di artikel selanjutnya bisa diulas mengenai cara setting nya mas... soalnya dlu pas sekolah hanya mempelajari tentang LAN doank

Nice info gan, di tkj belum pernah belajar sih soal ini. I like it

Jadi jaringan man ITU jaringan yang mencakup satu kota ya?

Wah kirain belajar juga tentang jaringan MAn ini gan, sekarang jadi tahukan hehe :D

Betul sekali gan, secara sederhananya jaringan MAN mencakup satu kota :D

Design Gambar pake Aplikasi Apa gan? Corel atau Photoshop gan?

Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain
EmoticonEmoticon