Wednesday, July 5, 2017

Mengenal CorelDRAW X7 dan Fungsi Toolsnya

Tags

Kegiatan desain grafis sudah seperti kegiatan lumrah dikalangan para pengguna software seperti CorelDraw, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator dan berbagai macam perangkat lunak serupa. Memang sudah menjadi rahasia umum bahwa dengan membuat sebuah desain menarik dan keren akan mendatangkan uang bagi sang desainer.


Mengenal CorelDraw X7 dan Fungsi Toolsnya Pintar Sekolah
Hal ini tentu tak lepas dari peran internet yang menjadi jembatan para desainer dengan beribu-ribu kliennya diluaran sana. Para desainer handal memiliki beberapa resep racikan untuk membuat sebuah desain yang bisa menarik perhatian para klien, dan salah satu diantara banyaknya resep mereka adalah perangkat lunak atau software desain yang digunakan.

Ada beberapa desainer yang menggunakan CorelDraw, dan ada sebagian juga yang menggunakan Adobe Photoshop dan yang lainnya. Ini bukanlah hal yang aneh karena mengingat bahwa masing-masing software desain grafis memiliki kelebihan dan kekurangannya. Pada artikel blog Pintar Sekolah kali ini saya akan memilih software CorelDraw, tepatnya CorelDraw X7 untuk saya perkenalkan kepada kamu dan akan saya jelaskan masing-masing tools atau alat bantu didalamnya.

Tetapi, mengapa saya memilih software CorelDraw X7? Karena CorelDraw X7 adalah software yang biasa saya gunakan untuk membuat dan mendesain berbagai macam gambar. Kamu bisa menemukan contoh-contoh desain buatan saya menggunakan software CorelDraw X7 di artikel ini dan beberapa artikel Pintar Sekolah lainnya, Walaupun tidak terlalu keren dan bagus, setidaknya ada gambar dan infografis visual yang bisa memanjakan mata pengunjung seperti kamu di blog ini.

Apa Itu CorelDraw?


CorelDraw adalah program atau perangkat lunak komputer yang berguna untuk mengolah atau membuat gambar yang bisa menjadi sebuah desain yang menarik. Pencipta software ini adalah perusahaan Corel yang terletak di Ottawa, Kanada.

Umumnya, software CorelDraw sering digunakan pada pekerjaan seperti publikasi, percetakan, pembuatan gambar dan beberapa bidang terkait yang membutuhkan desain visual. Seperti saya yang mengelola blog ini, maka software CorelDraw juga sangat bermanfaat bagi saya sehingga saya bisa membuat gambar yang menjadi daya tarik sendiri bagi para pengunjung blog dan bisa mempermudah pengunjung untuk memahami artikel yang dibaca.

Versi terbaru dari software CorelDraw adalah CorelDraw X8, tetapi kepopulerannya masih kalah dengan versi sebelumnya, yaitu CorelDraw X7 karena memang CorelDraw X7 sudah lebih terkenal dikalangan para desainer dan penggunannya juga cukup mudah dibantu dengan berbagai macam alat bantu yang sangat berguna.

Mengapa Memilih CorelDraw X7?


Pada pembuka artikel ini saya sudah menjelaskan sedikit alasan saya memilih software CorelDraw X7 untuk artikel kali ini. Selain menjadi software favorit saya untuk belajar desain, software CorelDraw X7 juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang masih sangat pemula atau baru saja terjun kedalam dunia desain.

Mengapa seperti itu? Karena dalam menggunakan software CorelDraw X7, kamu tidak harus memiliki skill tertentu atau komputer dengan spek yang tinggi. Dengan middle-speck komputer kamu bisa menjalankan software ini.

Apa Yang Akan Saya Pelajari dan Saya Dapatkan Dengan Software CorelDraw X7?


Walaupun dalam penggunaanya tergolong mudah, tetapi jika kamu sudah cukup mahir dalam memanfaatkan berbagai macam tools yang ada, kamu bisa membuat berbagai macam karya desain yang indah dan sangat menarik. Dengan software CorelDraw X7 kamu bisa membuat desain keren seperti, WPAP, Flat Desain, Vector dan masih banyak lagi. Kamu bisa melihat beberapa hasil karya desainer handal dengan menggunakan software CorelDraw X7 dibawah ini.


Baiklah, mari langsung saja kita berkenalan secara langsung dengan software CorelDraw X7.

Cara Menggunakan Software CorelDraw X7


Untuk menggunakan software ini, tentu kamu harus sudah memilikinya terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkannya melalui tombol download dibawah ini.
Jika kamu pertama kali membuka software CorelDraw X7, maka kamu disuruh untuk memilih workspace atau lembar kerja kamu. Lembar kerja ini mempengaruhi tampilan dan letak dari toolbar serta color palette yang akan ditampilkan.

Kamu bisa menyesuaikan lembar kerja sesuai dengan selera kamu. Namun, karena saya sudah biasa menggunakan lembar kerja default maka saya juga akan menggunakannya pada contoh gambar artikel kali ini.

Baiklah untuk mulai menggunakan software desain grafis ini, silahkan nyalakan laptop kamu dan buka software CorelDraw X7. Siapkan kopi dan camilan atau kudapan jika diperlukan ya.

Mengenal CorelDraw X7 dan Fungsi Toolsnya Pintar Sekolah
Tampilan Pertama CorelDraw X7

Setelah kamu membuka software CorelDraw X7, maka tampilan perama yang akan muncul adalah seperti gambar diatas. Untuk memulai mendesain gambar, silahkan kamu tekan tombol "New Document".

Selanjutnya, setelah menekan tombol New Document, maka akan muncul pengaturan dokumen yang bisa kamu atur seperti gambar dibawah ini.

Mengenal CorelDraw X7 dan Fungsi Toolsnya Pintar Sekolah
Atur Dokumen

Selanjutnya silahkan kamu atur.
  • Name untuk memberikan nama terhadap dokumen yang akan dibuat tersebut
  • Size adalah ukuran canvas atau kertas, kamu bisa memilih A4
  • Width adalah ukuran lebar dari canvas
  • Height adalah ukuran tinggi dari canvas
  • Satuan ukur pada gambar diatas adalah milimeters, kamu bisa memilih pilihan yang lainnya. Namun, saya lebih merekomendasikan pixel karena saya juga menggunakan pixel
  • Untuk pilihan rendering resolutions, berguna untuk mengatur seberapa tinggi tingkat resolusinya. Kamu bisa memilih antara 100, 150, 220 dan sebagainya. Dalam contoh kali ini saya memilih 300. Semakin besar angkanya maka resolusinya semakin tinggi dan ukuran gambar yang dihasilkan juga semakin besar
Baiklah, jika semuanya sudah kamu atur sesuai selera, sekarang tekan tombol Ok.

Setelah kamu menekan tombol Ok, maka kamu akan melihat sebuah lembar kerja berbentuk persegi panjang disertai dengan canvas yang sudah kamu atur ukurannya tadi.

Mulai dari sini, kamu bisa langsung membuat dan mendesain gambar kamu sendiri, namun setidaknya kamu harus mengetahui berbagai macam fitur dan tools yang ada pada software CorelDraw X7 ini sehingga kamu bisa memaksimalkan desain kamu nantinya.

Mengenal CorelDraw X7 dan Fungsi Toolsnya Pintar Sekolah
Lembar Kerja dan Berbagai Macam Tools CorelDraw X7

Mungkin tampilan yang ada di CorelDraw X7 kamu sedikit berbeda dengan CorelDraw X7 saya. Karena saya sudah mengubah letak color palette dari yang tadinya berada di sisi sebelah kanan lembar kerja, saya pindahkan keatas dan saya tambahkan juga color palette RGB.

Kamu juga bisa melakukannya dengan mudah jika kamu mau dengan menggunakan tombol yang mempunyai simbol 3 titik bertumpuk pada color palettenya.

Baiklah, pada gambar diatas sudah saya urutkan satu per satu tools atau fitur yang ada di software CorelDraw X7 ini. Dan dibawah ini adalah penjelasan fungsi untuk masing-masing toolsnya.

  1. Judul dokumen. Berguna untuk menampilkan judul pada dokumen yang sedang kamu kerjakan.
  2. Menu bar. Berisi berbagai macam perintah dan fitur lengkap yang tersedia dan sudah dikelompokkan untuk memudahkan pengguna seperti kita.
  3. Toolbar standar. Berisi berbagai macam simbol yang mempunyai fungsi masing-masing. Dengan adanya toolbar ini maka bisa mempercepat dan lebih mempermudah pengguna pada saat melakukan pekerjaan terhadap dokumennya.
  4. Properti bar. Ini adalah bagian utama yang paling sering digunakan. Berisi berbagai macam perintah dan pengaturan, kamu bisa mengatur ukuran sebuah objek atau memberikan efek tebal dan cetak miring pada teks melalui properti bar.
  5. Color palette. Berguna untuk memberikan warna pada sebuah objek.
  6. Jumlah dokumen. Disini ditampilkan berapa dokumen atau jendela lembar kerja yang sedang terbuka.
  7. Toolbox. Ini juga menjadi salah satu tools yang akan sering digunakan karena dengan toolbox ini, kita bisa membuat sebuah gambar atau desain. Seperti membuat garis, persegi dan kita juga bisa memodifikasi sebuah objek dengan hanya memanfaatkan toolbox.
  8. Canvas. Canvas ini berguna untuk menetapkan ukuran dari desain yang akan kamu cetak atau print.
  9. Drawing window. Perlu kamu ketahui bahwa kamu juga masih tetap bisa menggambar diluar canvas. Nah, area putih besar yang ada diluar canvas ini disebut dengan drawing window.
  10. Status page. Berfungsi untuk menampilkan informasi dokumen yang saat ini sedang kamu kerjakan.
  11. Horizontal scrollbar. Berfungsi untuk menggulung layar keatas dan kebawah.
  12. Vertical scrollbar. Berfungsi untuk menggulung layar kekanan dan kekiri.
  13. Control window. Sama seperti program-program lainnya, CorelDraw X7 juga memiliki control window yang berisikan tombol untuk memperkecil jendela (minimize), tombol untuk memperbesar jendela (maximize) dan tombol close yang berfungsi untuk menutup program software CorelDraw X7.
Catatan :
Pada lembar kerja CorelDraw X7 juga terdapat penggaris disekelilingnya. Itu berfungsi untuk memudahkan pengguna mengatur ketetapan pada saat bekerja atau mendesain
Itu dia semua tools dan fitur yang ada di software CorelDraw X7 ini. Semuanya memiliki kegunaannya masing-masing. Diantara sekian banyaknya tools, yang paling sering digunakan adalah toolbox yang berisikan berbagai macam tools lainnya.

Baca Juga
Seperti apa yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa dengan toolbox, kita bisa membuat dan mengolah sebuah garis, persegi dan berbagai macam objek lainnya. Maka, mempelajari area toolbox lebih dalam lagi akan mempermudah kita dalam mendesain nantinya,

Silahkan penjelasan dan fungsi dari masing-masing tools yang ada didalam toolbox. Saya sajikan dalam bentuk tabel untuk memudahkan kamu dalam memahami dan mempelajarinya.

TagDeskripsi
Pick toolBerfungsi untuk memilih suatu objek, mengubah ukurannya, mengggeser dan memutar objek tersebut
Shape toolBerfungsi untuk mengatur dan memodifikasi kurva sebuah objek
Smudge toolBerfungsi untuk mengubah objek vector dengan cara mendrag sepanjang garis luar
Roughen toolBerfungsi untuk mengubah baris luar dari objek vector dengan cara mendrag sepanjang garis luar
Crop toolKamu pasti sudah tidak asing lagi dengan tools ini. Crop tool berfungsi untuk menghilangkan objek yang tidak dikehendaki atau yang tidak diseleksi
Knife toolBerfungsi untuk memotong sesuatu
Eraser toolSeperti namanya, berfungsi untuk menghapus atau menghilangkan daerah yang tidak diingkan pada dokumen
Virtual segment delete toolBerfungsi untuk menghapus bagian dari objek diantara persimpangan
Zoom toolSeperti pada software edit foto atau desain grafis lainnya. Zoom tool berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan pada dokumen
Pan toolBerfungsi untuk mengontrol bagian gambar yang akan digambar ulang dalam tampilan/jendela kerja
2-point line toolBerfungsi untuk menghubungkan 2 titik (node) sehingga membentuk sebuah garis lurus. Dengan kata lain, kamu bisa membuat sebuah garis menggunakan tools ini
Free hand toolBerfungsi untuk menggambar garis tunggal dan kurva sesuai dengan gerakan touchpad atau mouse yang kamu gunakan
Bezier toolBerfungsi untuk membuat sebuah satu titik kurva yang berguna untuk membuat kurva lainnya
Pen toolBerfungsi untuk menggambar kurva satu segmen pada satu waktu
B-spline toolBerfungsi untuk membuat objek atau garis yang melengkung dengan menempatkan posisi titik – titik tertentu
Polyline toolBerfungsi untuk membuat garis-garis dan kurva
3-point curve toolBerfungsi untuk menghubungkan 3 titik sehingga membentuk garis segitiga
Smart drawing toolBerfungsi untuk mengambar garis atau bidang yang bebas sesuai keinginan kamu
Artistic media toolBerfungsi untuk mengambar bentuk atau objek yang memberikan efek tertentu
Rectangle toolBerfungsi untuk membuat atau menggambar sebuah bujur sangkar, kotak atau persegi empat
Point rectangle toolBerfungsi untuk menggambar bujur sangkar pada suatu titik sudut tertentu
Ellipse toolBerfungsi untuk membuat atau menggambar sebuah lingkaran dan bentuk lonjong
Point ellipse toolBerfungsi untuk membuat lingkaran atau Lonjong dari titik sudut tertentu
Graph paper toolDigunakan untuk membuat tabel yang berisi kolom-kolom yang bisa ditentulan jumlahnya.
Polygon toolBerfungsi untuk menggambar poligon / segi lima yang bisa dibentuk bintang secara simetris
Spiral toolBerfungsi untuk membuat atau menggambar sebuah bentuk spiral
Star toolBerfungsi untuk membuat atau menggambar sebuah bentuk bintang secara sempurna
Complex star toolBerfungsi untuk membuat atau menggambar sebuah bentuk bintang secara kompleks atau yang mempunyai banyak sisi
Basic shape toolBerfungsi untuk membuat berbagai macam bentuk-bentuk dasar seperti petir, banner, hati dan lain-lain
Arrow shape toolBerfungsi untuk membuat berbagai macam bentuk dan arah panah
Flowchart shapes toolBerfungsi untuk membuat beraneka ragam bentuk flowchart
Banner shapes toolBerfungsi untuk membuat sebuah banner. Kamu bisa memilih berbagai macam desain banner pada tool ini
Callout shapes toolBerfungsi untuk membuat label dan callout
Text toolSesuai namanya, berfungsi untuk membuat sebuah teks. Kamu juga bisa menghiasnya
Table toolBerfungsi untuk membuat sebuah tabel
Parallel dimensionBerfungsi untuk membuat sebuah objek setengah kotak
Horizontal or Verical dimensionBerfungsi untuk membuat sebuah garis baik horizontal maupun vertical yang saling terhubung
Angular dimensionBerfungsi untuk membuat PIE atau sudut
3-point callout toolBerfungsi untuk membuat sebuah garis yang berbentuk segitiga
Straight-line connectorBerfungsi untuk membuat sebuah garis lurus
Right-angle connectorBerfungsi untuk membuat sebuah garis siku-siku
Rounded right-angle connectorBerfungsi untuk membuat sebuah garis siku-siku dengan sudut tidak tajam atau melingkar
Drop shadow toolBerfungsi untuk membuat efek bayangan pada sebuah objek
Contour toolBerfungsi untuk membuat sebuah garis luar pada suatu objek
Blend toolBerfungsi untuk mencampurkan 2 buah objek menggunakan bentuk dasarnya
Distortion toolBerfungsi untuk melakukan penyimpangan pada suatu objek, tool ini mempunyai 3 bentuk penyimpangan dasar : Push and Pull Distortion, Zipper Distortion atau Twister Distortion
EnvelopeBerfungsi untuk menyimpangkan suatu objek dengan cara mendrag node nya
ExtrudeBerfungsi untuk memberikan efek ilusi kedalam pada suatu objek. Dengan tool ini kamu bisa membuat sebuah flat design
Interactive transparencyBerfungsi untuk memberikan efek transparan pada sebuah objek

Jika kamu memanfaatkan semua tools diatas secara maksimal, maka bukan tidak mungkin jika kamu berhasil menciptakan sebuah mahakarya.

Itu dia sedikit pembahasan seputar salah satu software desain grafis terbaik di dunia ini, mulai dari pengenalan singkatnya hingga penjelasan serta fungsi dari masing-masing tools yang ada didalamnua.

Semoga setelah membaca artikel ini minat kamu terhadap dunia desain semakin besar, karena mendesain sesuatu memang menyenangkan.

Nantikan artikel menarik lainnya tentang Desain hanya di blog Pintar Sekolah. Mohon dikoreksi jika ada yang salah dan jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu.

Seorang siswa dari XI RPL 1 dan bersekolah di SMKN 1 Karawang. Hobi menulis dan sangat menggemari dunia web development, internet dan desain.

6 komentar

wah banyak sekali yang fasilitas yang di corel draw x7 ini . mesti upgrade nih :3

Iya gan, banyak fitur dan tools barunya. Silahkan upgrade biar ga ketinggalan hehe hihi

Maaf, itu software original gag? Atau bajakan?

Kamu bisa mencoba versi trialnya yang gratis hingga 14 hari

Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain
EmoticonEmoticon