Tuesday, July 18, 2017

10 Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan, Bencana Alam dan Politik

Pada mata pelajaran bahasa Indonesia sebelumnya kita sudah pernah belajar mengenai materi teks berita. Pada artikel tersebut saya hanya memberikan 1 contoh teks beritanya. Maka sekarang pada artikel ini saya akan memberikan 10 contoh teks berita dengan berbagai tema seperti pendidikan, bencana alam pendidikan serta politik.
10 Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan, Bencana Alam dan Politik Pintar Sekolah

Seperti yang kita ketahui bahwa teks berita adalah teks yang berisi informasi yang terjadi di dunia dan informasi itu adalah sebuah fakta bukan cerita fiksi dan harus dari sumber yang terpercaya.

Materi ini bisa kamu temui pada saat kamu kelas XII. Karena sekarang saya baru naik kelas XI maka saya tidak akan mempelajari materinya, tetapi tentu jauh lebih baik bukan jika kita belajar sejak sekarang agar ketika mempelajarinya di sekolah nanti sudah lebih paham.

Teks berita yang ada dibawah ini adalah teks berita yang saya dapatkan dari internet dan sebagian ada yang sudah dilengkapi dengan kaidah berita 5W + 1H nya tetapi ada lagi sebagian yang tidak ada. Jadi, cocok sekali bagi kamu yang mendapatkan tugas atau pekerjaan rumah untuk mencari contoh teks berita.

Contoh Teks Berita Lengkap


Baiklah, langsung saja berikut ini 10 contoh teks berita.

1. Contoh Teks Berita Tentang Banjir

Sungai Ciliwung Meluap, 2 Desa Terendam Banjir Setinggi 3 Meter

10 Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan, Bencana Alam dan Politik Pintar Sekolah

Terjadi banjir bandang disekitar sungai ciliwung, banjir tersebut diduga karena hujan yang turun sangat deras dari jam 19.00 WIB hingga pagi jam 09.00 WIB. 2 Desa terendam dan banyak keluarga yang mengungsi di kampung sebelah.

Sekitar 137 kepala keluarga kehilangan tempat tinggalnya karena banjir. Pemerintah segera memberikan bantuan berupa tempat pengungsian air bersih, makanan, minuman, obat-obatan dan pakaian.

Sebelumnya juga pernah terjadi banjir di desa ini sekitar dua tahun yang lalu, tetapi banjir tahun ini lebih besar dibandingkan dengan tahun kemarin. Salah satu penyebabnya juga diduga karena kebiasaan masyarakat sekitar yang membuang sampah sembarangan di sungai ciliwung sehingga terjadi banjir ketika musim hujan datang.

2. Contoh Teks Berita Tentang Politik

Persaingan Pencalonan Gubernur DKI Jakarta Semakin Memanas

10 Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan, Bencana Alam dan Politik Pintar Sekolah

Tinggal menghitung bulan, Jakarta yang merupakan ibukota Indonesia akan memilih wakil rakyat yakni Gubernur baru mereka karena masa jabatan Gubernur sebelumnya yang masa baktinya akan habis.

Dalam pencalonan dan pemilihan Gubernur Jakarta tahun ini akan sangat panas, sebab akan diisi oleh beberapa kandidat dari Partai Politik dan juga Independent. Beberapa calon diantaranya yaitu Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih kita kenal dengan pak Ahok ini juga akan kembali mendaftar sebagai calon Gubernur Jakarta.

Lalu ada Anies Baswedan yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan juga ada Agus Harimurti Yudhoyono yang sebelumnya mengabdi sebagai TNI.

Persaingan di antara ketiganya akan berjalan sengit karena semuanya datang golongan orang yang berprestasi. Selain itu, perang gagasan dan visi misi juga sudah bertebaran di media masa. Untuk itu, kita tunggu saja siapa yang menjuarai pesta demokrasi periode 2017-2022 mendatang.

3. Contoh Teks Berita Tentang Politik

Soal Bocor, UN Diulang???

10 Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan, Bencana Alam dan Politik Pintar Sekolah

Bocornya soal ujian nasional untuk tingkat SMP yang dilaksanakan pada Rabu, 23 April 2015 merupakan berita besar untuk pelaksanaan ujian tahun ini. Menteri Pendidikan, Anies Baswedan mengatakan bahwa pelaku yang membocorkan soal ujian sudah diselidiki. Ia memaparkan bahwa pelaku pembocoran akan diproses hukum sesuai pasal yang berlaku.

Dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh PUSPENDIK atau Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud, telah ditemukan sebanyak 30 buklet soal dari 11.730 yang diunggah ke internet secara ilegal.

Setelah mendapat laporan tersebut, Menteri Pendidikan segera melakukan koordinasi dengan Menteri Komunikasi dan Informasi untuk memblokir tautan di Google yang berisi konten ilegal tersebut. Kerjasama pun dilakukan dengan pihak Google dalam upaya pemblokiran konten tersebut.

Diduga kebocoran soal UN ini melibatkan oknum dari pihak percetakan negara yang sudah ditunjuk untuk mencetak semua soal-soal ujian nasional. Penggeledahan pun dilakukan secara internal oleh pihak percetakan untuk mengetahui siapa sesungguhnya dibalik peristiwa ini.

Bocornya soal ujian nasional ini masih menjadi pertimbangan Menteri pendidikan untuk mengadakan kembali ujian ulang atau tidak. Tetapi kemungkinan besarnya adalah ujian tidak akan diulang, hal ini berdasarkan pertimbangan yang menyangkut besarnya nilai biaya pembuatan soal.

4. Contoh Teks Berita Tentang Kecelakaan

Rem Blong, Sebuah Mobil Mewah Menabrak Pembatas Jalan

10 Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan, Bencana Alam dan Politik Pintar Sekolah

Telah terjadi sebuah kecelakaan hebat kemarin malam di Jalan Tol Cipali pada tanggal 4 Maret 2015, sebuah Mobil Mewah ini dikemudikan oleh seorang anak muda yang bernama Agus, ia mengemudikan mobil dengan kecepatan diatas 120 KM/Jam.

Mobil bernomor polisi B 3641 AH itu menabrak sebuah pembatas jalan sebab mengalami rem blong pada mobilnya. Mobil Ferarri berwarna merah itu untungnya tidak membuat kecelakaan hebat karena pada saat itu Tol Cipali terlihat macet dari arah sebaliknya.

Untungnya dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, hanya saja sang pengemudi mengalami luka berat dan kini masih di rawat di Rumah Sakit terdekat.

5. Contoh Teks Berita Tentang Kebakaran

Akibat Lilin, Sebuah Rumah Hangus Terbakar Di Lalap5 Si Jago Merah

10 Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan, Bencana Alam dan Politik Pintar Sekolah

Sebuah kejadian tak terduga terjadi komplek perumahan Griya Jaya di Bekasi kemarin malam jam 22.14 WIB . Rumah milik keluarga pak Andi itu terbakar dan hangus tak tersisa. Peristiwa itu terjadi karena sang pemilik rumah yang menaruh lilin di atas lemari kayu miliknya.

Untungnya saat kejadian sang pemilik rumah, pak Andi sedang pergi tahlilan di rumah tetangganya, sedangkan istrinya sedang pulang kampung. Dalam musibah itu, pak Andi mengalami kerugian kurang lebih sekitar Rp 800 juta termasuk beberapa dokumen penting seperti Akta kelahiran, Ijazah dan surat-surat tanah miliknya.
Baca Juga
6. Contoh Teks Berita Tentang Kriminalitas

Polisi Bongkar Sindikat Penjual Sabu di Bekasi

10 Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan, Bencana Alam dan Politik Pintar Sekolah

Sindikat penjualan narkoba jenis sabu berhasil dibongkar oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Kota Bekasi, Jawa Barat. Senin (14/12/2015). (What, When, Where)

Dari operasi ini polisi berhasil menangkap empat orang tersangka dan menyita 13 kg sabu. Pengungkapan ini berawal dari penangkapan tersangka berinisial DK di Jembatan Caman Kelurahan Jati Bening, Bekasi. (What, How, Who).

Dari tangan tersangka pihak kepolisian berhasil menyita 1,24 gram sabu. Dari pengembangan kasus polisi berhasil mengungkap pengedar berinisial RD di wilayah Johar Baru, Jakarta Pusat. (What, Why)

Polisi berhasil menyita 24 bungkus plastik sabu dengan berat total 13 kg atau setara dengan Rp. 19,5 milyar. Pengedar RD adalah mantan residivis dengan kasus yang sama. (What, Who)

7. Contoh Teks Berita Tentang Politik

Temukan Pelanggaran, KPU Poso Gelar Pemilihan Ulang

10 Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan, Bencana Alam dan Politik Pintar Sekolah

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, menggelar pemilihan ulang pada Sabtu, (12/12/2015), menyusul temuan pelanggaran saat tanggal 9 Desember lalu. (What, When, Why)

Sebanyak 549 pemilih di TPS 3 di salah satu kelurahan di Kecamatan Poso Kota Utara memilih ulang. (Where)

Panwaslu Kabupaten Poso mengatakan pemilihan ulang diputuskan setelah ada pelanggaran oleh salah seorang pemilih yang menerima lebih dari 1 surat suara (Why)

Dalam pemilihan ulang penyelenggara juga mengganti ketua dan seluruh anggota KPPS. Pelaksanaan pemilihan ulang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Poso yang di ikuti 4 pasangan berjalan dengan lancar dengan penjagaan dari aparat kepolisian. (How)

8. Contoh Teks Berita Tentang Banjir

Puluhan Hektare Tambak dan Sawah di Lamongan Terendam Banjir

10 Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan, Bencana Alam dan Politik Pintar Sekolah

Puluhan hektar lahan tambak dan tanaman padi di dua Kecamatan di Lamongan Jawa Timur terendam banjir akibat jebolnya tanggul sungai Pelalangan. Tambak dan lahan padi yang terendam ini membuat petani merugi. (What, Where)

Tanggul sungai Pelalangan di Desa Plosowahyu Kecamatan Lamongan Jawa Timur, Senin malam (15/12/15) jebol setelah diterjang banjir akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Lamongan Selatan. Tanggul sungai jebol sepanjang 10 meter sehingga membuat air menggenangi puluhan hektar lahan tambak dan tanaman padi di Kecamatan Lamongan dan Kecamatan Turi. (When, Why)

Menurut salah seorang petani, tanggul mulai jebol sekitar jam 09.00 malam akibat luapan sungai Pelalangan yang terus meluber. Jebolnya tanggul ini merupakan yang kedua kalinya terjadi. Bahkan, tahun lalu rumah warga juga sempat terendam banjir. (How)

Para petani di Desa Plosowahyu merasa resah karena sejumlah titik tanggul di desanya juga mulai retak-retak-retak dan rawan jebol. Mereka hanya berharap pemerintah Kabupaten Lamongan segera memperbaiki tanggul agar petani tidak terus merugi. (Who)

Akibat banjir yang merendam lahan tambak dan tanaman padi ini, petani mengalami kerugian hingga jutaan rupiah. (Who)

9. Contoh Teks Berita Tentang Kebakaran

Kebakaran Landa Pasar Sukaramai Pekanbaru

10 Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan, Bencana Alam dan Politik Pintar Sekolah

Kebakaran terjadi di pasar Sukaramai Pekanbaru Riau, Selasa sore (8/12/15) membuat panik pedagang yang berusaha menyelamatkan barang dagangan mereka. (What, Where, When)

Api menghanguskan kios dan toko pedagang di lantai dasar. Petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api karena terhambat kepulan asap hitam. (What, Why)

Untuk memadamkan api petugas berusaha menembus ruangan yang terbakar di lantai dasar. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Polresta Pekanbaru. (How, Why)

10. Contoh Teks Berita Tentang Kecelakaan

Keluar Jalur, Kereta Api Sri Lelawangsa Tabrak Tembok Pembatas Rel

10 Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan, Bencana Alam dan Politik Pintar Sekolah

Empat rangkaian gerbong kereta jurusan Medan-Binjai keluar dari jalur dan menabrak tembos pembatas rel di kawasan Jalan M.T Haryono kota Medan, Selasa (15/12/2015) (What, Where, When)

Peristiwa ini membuat warga setempat panik, pasalnya rangkaian kereta ini tiba-tiba memasuki jalur rel yang telah lama ditutup atau tidak difungsikan lagi.

Kereta penumpang Sri Lelawang Syah jurusan Medan-Binjai ini melaju kencang hingga pindah ke jalur kosong yang buntu dan tidak terintegrasi ke jalur lainnya sehingga menabrak tembok pembatas yang berada sekitar 100 meter dari stasiun besar kereta api Medan. (How)

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Di duga kereta tiba-tiba berpindah jalur karena ada kelalaian operator. Namun, kepala stasiun besar kereta api Medan, Nahruddin, yang tiba dilokasi kejadian belum memberikan keterangan terkait penyebab kecelakaan ini. (Why, Who)

Itulah 10 contoh teks berita yang blog Pintar Sekolah bagikan pada artikel kali ini. Seperti yang kamu ketahui bahwa pada contoh teks berita diatas ada yang sudah dilengkapi dengan kaidah berita 5W + 1H dan ada yang tidak, maka kamu bisa berlatih untuk mengasah kemampuan kamu dalam mengidentifikasi teks berita dengan cara menentukan 5W + 1H untuk contoh teks berita yang tidak memiliki kaidah tersebut.

Silahkan manfaatkan 10 contoh teks berita diatas dengan baik sehingga kemampuan kamu dalam mata pelajaran bahasa Indonesia semakin baik.

Nantikan artikel menarik lainnya tentang Bahasa Indonesia hanya di blog Pintar Sekolah. Mohon dikoreksi jika ada yang salah dan jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu.

Seorang siswa dari XI RPL 1 dan bersekolah di SMKN 1 Karawang. Hobi menulis dan sangat menggemari dunia web development, internet dan desain.

4 komentar

Makasih min, cocok banget nih kalau lagi ada tugas buat teks berita, izin bookmark.

mantab nie mas Anas.. semangat terus ya.. :)

Silahkan gan, terima kasih juga sudah berkunjung ya :D

Wah terima kasih sudah berkunjung mas :D
Hehe pasti mas :D

Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain
EmoticonEmoticon