Pengertian dan Jenis-Jenis Simetri Pada Bangun Datar

Selamat siang dan selamat datang kembali di blog Pintar Sekolah yang akan membagikan berbagai macam informasi berguna dan sebagai media belajar dan berbagi ilmu dalam dunia maya. Apakah kamu masih ingat dengan artikel pertama yang dibuat oleh blog Pintar Sekolah? Jika kamu pengunjung setia Pintar Sekolah kamu pasti masih mengingatnya. Artikel pertama blog Pintar Sekolah adalah artikel tentang Operasi Hitung Bilangan Bulat. Lalu apa hubungannya dengan artikel kali ini? hubungannya adalah artikel tersebut dan artikel hari ini sama-sama memiliki kategori yang sama, yang berarti bahwa artikel kali ini juga termasuk kedalam artikel kategori matematika, lebih tepatnya artikel tentang Pengertian dan Jenis-Jenis Simetri Pada Bangun Datar.


Pengertian Simetri


Pengertian dan Jenis-Jenis Simetri Pada Bangun Datar Pintar Sekolah

Pada dasarnya, setiap bangun datar memiliki sifat atau ciri khasnya masing-masing, untuk hal ini akan dibahas lebih lanjut pada artikel selanjutnya dalam kategori matematika. Diantara banyaknya sifat atau ciri-ciri bangun datar tersebut ada yang dinamakan dengan simetri. Materi simetri ini masih termasuk kedalam materi matematika dasar yang keluar di Sekolah Dasar, artinya kamu pasti bisa memahaminya dengan mudah.

Jenis-Jenis Simetri Pada Bangun Datar


Berikut dibawah ini jenis-jenis atau macam-macam simetri yang terdapat bangun datar.

Simetri Lipat

Simetri lipat pada bangun datar adalah banyaknya lipatan pada suatu bangun datar yang bisa membagi bangun datar tersebut menjadi beberapa bagian sementara bagian lain tersebut bisa ditutupi oleh bagian lainnya. Atau secara singkatnya, simetri lipat bisa didefinisikan sebagai lipatan yang bisa membagi bangun datar dimana bagian yang dibagi besarnya sama. Tidak semua bangun datar memiliki simetri lipat. Garis yang bisa membagi bagian dari bangun datar disebut sebagai sumbu simetri. Berikut dibawah ini adalah contoh bangun datar yang mempunyai simetri lipat.
Baca Juga

Simetri Putar

Simetri putar adalah simetri yang hanya dimiliki oleh bangun datar yang memiliki titik pusat. Tidak semua bangun datar juga memiliki simetri putar. Kamu bisa mencari tahu apakah sebuah bangun datar memiliki simetri putar atau tidak dengan cara memutar bangun datar tersebut kurang dari satu putaran penuh tetapi masih memiliki bayangan yang tepat seperti semula, maka bangun datar tersebut baru bisa dikatakan memiliki simetri putar.

Coba kamu perhatikan contoh bangun datar segitiga sama sisi dibawah ini yang memiliki simetri putar.

Pengertian dan Jenis-Jenis Simetri Pada Bangun Datar Pintar Sekolah

Dari gambar diatas. ada sebuah segitiga sama sisi, ketika diputar sebanyak 1/3 putaran berlawanan arah jarum jam, maka segitiga sama sisi tersebut masih memiliki bayangan yang sama tepat seperti bangun semulanya, ketika diputar sebanyak 2/3 putaran pun segitiga sama sisi tersebut masih menempati bayangan yang sama seperti bangun semula, itu artinya segitiga sama sisi memiliki 3 buah simetri putar.

Apabila kamu perlu memutar sebuah bangun datar sebanyak 1 putaran penuh baru kamu memiliki bayangan yang sama seperti bangun semula, itu artinya bangun tersebut tidak memiliki simetri putar, sama halnya pada bangun datar trapesium.

Tidak semua bangun datar memiliki simetri lipat dan simetri putar, ada bangun datar yang hanya memiliki simetri lipat, ada yang hanya memiliki simetri putar dan ada beberapa yang memiliki kedua simetri tersebut dan bahkan ada bangun datar yang tidak memiliki simetri sama sekali. Kamu bisa mengetahui bangun-bangun datar tersebut melalui tabel bangun datar simetri dibawah ini.

Nama Bangun Datar Simetri Lipat Simetri Putar Sumbu Simetri
Persegi 4 4 4
Persegi Panjang 2 2 2
Belah Ketupat 2 2 2
Jajar Genjang - 2 -
Segitiga Sama Kaki 1 - 1
Segitiga Sama Sisi 3 3 3
Segitiga Sembarang - - -
Segitiga Siku-Siku 1 - 1
Trapesium Sama Kaki 1 - 1
Trapesium Siku-Siku - - -
Trapesium Sembarang - - -
Layang-Layang 1 - 1
Lingkaran Tak Terhingga Tak Terhingga Tak Terhingga

Itu dia materi tentang pengertian, serta jenis-jenis simetri pada bangun datar. Nantikan artikel selanjutnya tentang mata pelajaran matematika hanya di Pintar Sekolah.

Mohon dikoreksi jika ada yang salah, jangan lupa untuk memberikan pendapatmu dikolom komentar dan bagikan juga ya ke teman-temanmu agar mereka juga mengetahui informasi ini.

Seorang siswa dari XI RPL 1 dan bersekolah di SMKN 1 Karawang. Hobi menulis dan sangat menggemari dunia web development, internet dan desain.

6 komentar

Persegi itu seperti kotak ya... sehingga memiliki simeteri dengan jumlah terbanyak (Lipat, Putar, Sumbu)dari bangun datar yang lainnya..

Betul sekali gan, sepertinya sudah paham ya dengan materi pengertian dan jenis-jenis simetri pada bangun datar

wau., lingkaran.. tak terhingga.... seperti icon buffering pada youtube yang loading melulu., pantesan dijadiin ikon karena simetrinya tak terhingga., berputar gak ada habisnya.... coba bayangin jika ada simetrinya.. malah dikira macet... hehhee

Hehe benar gan, itu lah salah satu alasan bangun datar lingkaran sering dijadikan simbol loading karena memang memiliki simetri yang tak terhingga

wah ini nih pelajaran yg ngeselin wkwk ane bookmark dlu gan buat jaga2 kali ditanya dosen tentang simetri

Kalau sudah paham materinya pasti ngga ngeselin koq gan hehe

Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain
EmoticonEmoticon