Saturday, June 10, 2017

Mengenal Jaringan PAN (Personal Area Network)

Selamat malam para pelajar dan selamat datang kembali di Pintar Sekolah, blog yang memberikan berbagai informasi dan bisa dijadikan sebagai media belajar serta berbagi ilmu di internet. Setelah kemarin kita mempelajari mata pelajaran sejarah melalui artikel Pemberontakan PKI Madiun, maka sekarang kita akan beralih mempelajari mata pelajaran teknologi informasi.


Pada artikel tentang teknologi informasi kali ini kita akan membahas sebuah Jaringan Komputer. Apa yang kamu ketahui tentang jaringan komputer? Jaringan komputer adalah sebuah jaringan yang menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lainnya. Jika kamu adalah pelajar yang bersekolah di sekolah kejuruan jurusan TKJ (Teknik Jaringan Komputer) atau RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) atau semacamnya maka ini adalah artikel yang sangat cocok untuk kamu. Sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis jaringan komputer yang ada hingga sekarang dan semua jenis jaringan tersebut diukur berdasarkan jarak jangkauannya dari yang paling dekat sampai yang paling jauh, jaringan-jaringan komputer tersebut adalah PAN, LAN, MAN, dan WAN. Tetapi, kita akan membahas semua jenis jaringan komputer tersebut masing-masing dalam 1 artikel dan artikel ini dikhususkan untuk membahas jaringan komputer yang pertama, yaitu PAN (Personal Area Network).

Pengertian PAN


Mengenal Jaringan PAN (Personal Area Network) Pintar Sekolah

PAN atau singkatan dari Personal Area Network adalah sebuah jaringan komunikasi satu perangkat dengan perangkat lainnya dengan jarak yang sangat dekat, hanya sampai beberapa meter saja. PAN merupakan jaringan komputer yang paling dekat jaraknya diantara jenis jaringan komputer lainnya. Perlu diketahui bahwa PAN juga bisa digunakan pada perangkat selain komputer seperti ponsel pintar, televisi dan berbagai perangkat canggih lainnya. Sistem keamanan dan kontrol pada jaringan PAN adalah dengan menggunakan autoritas pribadi sementara teknologi yang digunakan pada jaringan PAN Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth. PAN dihubungkan melalui bus yang ada di komputer seperti USB dan Firewire.
Baca Juga

Contoh Penggunaan Jaringan PAN


  1. Menghubungkan ponsel pintar dengan ponsel pintar lainnya menggunakan bluetooth.
  2. Menghubungkan ponsel pintar dengan komputer menggunakan bluetooth.
  3. Menghubungkan mouse dengan komputer menggunakan bluetooth.
  4. Menghubungkan printer dengan komputer menggunakan bluetooth.
  5. Menghubungkan keyboard dengan komputer menggunakan bluetooth.

Itulah materi singkat tentang jaringan PAN (Personal Area Network). Semoga kamu bisa memahami tentang jaringan PAN. Tunggu artikel selanjutnya tentang LAN (Local Area Network), saya meminta maaf jika artikel kali sedikit karena keterbatasan sumber.

Mohon dikoreksi jika ada yang salah, jangan lupa untuk memberikan pendapatmu dikolom komentar dan bagikan juga ya ke teman-temanmu agar mereka juga mengetahui informasi ini.

Seorang siswa dari XI RPL 1 dan bersekolah di SMKN 1 Karawang. Hobi menulis dan sangat menggemari dunia web development, internet dan desain.

8 komentar

Ohh jadi begitu ya yang dimaksud dengan PAN :)

Iya gan, jangan lupa bagikan ke yang lain ya hihi

Owh... ternyata Bluetooth yang sering saya gunakan itu jaringan PAN ya Mas...
Dahulu sering banget pakai jaringan PAN secara sesuai dengan masanya di waktu itu... :D

Iya gan, memang masih banyak orang yang belum tahu bahwa bluetooth itu termasuk kedalam jaringan PAN, semoga setelah membaca artikel Mengenal Jaringan PAN ini jadi lebih paham ya (o)

Wihh lengkap banget. Nanti tak bookmark dlu.

Sip gan, jangan lupa di share juga ya (y)

Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain
EmoticonEmoticon